Edukasi Seks Dasar Sesuai Usia Anak

Afiza Nurmuseriah, Jurnalis · Minggu 14 Februari 2016 07:59 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 12 196 1310857 edukasi-seks-dasar-sesuai-usia-anak-cNxB5c1ZeI.jpg Edukasi seks dasar sesuai usia anak (Foto: Lifeplans)

ZAMAN semakin tak bisa dikontrol. Di luar sana ada banyak pengaruh buruk yang dapat merusak anak. Salah satunya adalah perilaku seks bebas yang anak remaja belum menikah.

Oleh karenanya, sangat penting dan diwajibkan bagi setiap orangtua untuk memberikan edukasi mengenai seks pada anak-anaknya. Lantas, apa saja yang harus diajarkan? Berikut penjelasan dari psikolog anak dan keluarga, Roslina Verauli, kepada Okezone.

0-2 tahun

Mengetahui perbedaan jenis kelamin, contoh paling dekat: ayah dan ibu. Dua orang yang berbeda jenis kelamin.

2-3 tahun

Memahami apa itu jenis kelamin. Bagaimana bentuk secara fisik, apa perbedaannya, dan sekali lagi contoh terdekatnya adalah ayah dan ibunya.

3-5 tahun

Anak akan paham bahwa sikap dan karakter setiap jenis kelamin berbeda. Anak laki-laki akan mengikuti ayahnya berambut pendek selalu memakai celana, masuk ke toilet pria. Begitu pula dengan anak perempuan dipakaikan rok dan masuk ke dalam toilet wanita.

6-9 tahun

Semua pengetahuannya tentang jenis kelamin atau gender akan teruji dalam pergaulannya. Anak laki-laki akan bermain dengan anak laki-laki dan anak perempuan dengan anak perempuan.

9-11 tahun

Anak akan diajarkan organ reproduksi, bagaimana menjaga kesehatan alat reproduksi, dan penyakit apa yang dapat menular dari organ intim.

11-15 tahun

Anak mulai belajar bagaimana metode reproduksi secara ilmiah untuk mengendalikan laju kelahiran penduduk beserta alat kontrasepsinya.

16-19 tahun

Ini adalah usia anak untuk belajar mengambil keputusan mengenai orientasi seksnya. Apabila bekal yang mereka cukup diberikan sejak dini seperti yang telah disebutkan di atas, percayalah mereka akan terhindar dari perilaku seks bebas atau yang menyimpang.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini