Tak Ingin Darah Rendah, Jangan Banyak Makan

Erika Kurnia, Jurnalis · Jum'at 12 Februari 2016 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 12 481 1310406 tak-ingin-darah-rendah-jangan-banyak-makan-0vDvNxz8AL.jpg Banyak makan sebabkan darah rendah (Foto: Fitlife)

BEBERAPA orang secara genetik cenderung untuk mengalami hipotensi postprandial atau tekanan darah tinggi mendadak. Keluhan seperti kelelahan, sakit kepala, mual, pandangan buram, dapat dialami karena hal sepele, seperti makan terlalu banyak dalam satu waktu.

Meskipun pada kebanyakan orang hipotensi postprandial berasal dari perubahan terkait penuaan, atau penyakit seperti diabetes, Parkinson, dan kondisi yang merusak saraf lainnya, pencegahan adalah kunci untuk menghindari hipotensi.

Ini termasuk dengan melakukan empat perubahan gaya hidup untuk membantu mencegah tekanan darah rendah rendah, sebagaimana dilansir dari laman Harvard.edu, Jumat (12/2/2016).

Minum sebelum makan

Minum 12 sampai 18 ons air 15 menit sebelum makan dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Makanan lebih sedikit makanan

Menunda makan sehingga membuat Anda ingin makan lebih banyak dalam satu waktu dapat memicu tekanan darah rendah postprandial. Perbanyak menyicil makanan dan memperbanyak camilan sehat di antara waktu makan utama.

Lebih sedikit karbohidrat dicerna dengan cepat

Roti putih dan makanan lainnya yang dibuat dengan tepung yang sangat halus, nasi putih, kentang, dan minuman manis akan lebih cepat diserap usus kecil dan bisa memicu hipotensi postprandial. Pilih makanan dengan sumber yang lambat dicerna seperti kacang, protein, dan minyak sehat yang dapat menjaga tekanan darah Anda setelah makan.

Mudah melakukannya

Tekanan darah rendah biasanya melanda 30 sampai 60 menit setelah makan. Duduk atau berbaring selama satu jam atau lebih setelah makan adalah cara lain untuk mengatasi hipotensi postprandial.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini