Mendengkur Pertanda Tekanan Darah Tinggi?

Erika Kurnia, Jurnalis · Jum'at 12 Februari 2016 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 12 481 1310503 mendengkur-pertanda-tekanan-darah-tinggi-3e0x4Z6o3m.jpg Tidur mendengkur bisa jadi pertanda hipertensi (Foto: Medpagetoday)

MENDENGKUR adalah mimpi buruk bagi mereka yang tidur bersama pendengkur. Mendengkur tidak berkaitan dengan darah tinggi, tapi bisa berhubungan dengan kegemukan yang dapat menyebabkan apnea tidur obstruktif.

Kegemukan bisa menyumbat saluran napas, menyebabkan napas bisa berhenti beberapa saat dan asupan oksigen berkurang selama tidur. Hal ini, pada gilirannya, menyebabkan jantung seseorang berdetak lebih cepat dan tekanan darah meningkat, yang diterjemahkan sebagai risiko tekanan darah tinggi, stroke, dan serangan jantung.

Pasien mungkin mengeluhkan terganggunya waktu tidur di malam hari, karena tersedak dan terengah-engah, juga masalah nokturia (sering buang air seni pada malam hari), atau sering mimpi buruk. Seperti dilansir dari Asiaone, Jumat (12/2/2016), mereka yang tidur bersama pendengkur mungkin juga akan terganggu dengan kebiasaan tersebut.

Pasien dengan apnea tidur disarankan untuk tidak tidur telentang, karena ini menyebabkan lidah jatuh ke belakang dan menghalangi jalan napas. Keluhan yang umum dialami pasien termasuk kelelahan di siang hari dan sakit kepala di pagi hari, mulut dan tenggorokan kering karena bernapas lewat mulut saat mendengkur.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini