Share

Bukti Kemoterapi Tidak Mengerikan Lagi

Erika Kurnia, Jurnalis · Senin 15 Februari 2016 18:00 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 15 481 1312224 bukti-kemoterapi-tidak-mengerikan-lagi-kgJ1Rn8JMS.jpg Pasien kemoterapi (Foto: Dailymail)

SALAH satu hal yang ditakuti masyarakat tentang kanker adalah tahap pengobatan dengan kemoterapi. Kemoterapi merupakan pengobatan yang wajib dilakukan setiap pasien kanker untuk cepat melawan kanker. Dan kini kemoterapi tidak semengerikan dulu.

Dikatakan konsultan kanker anak RS Dharmais Jakarta, dr Edi Setiawan Tehuteru, SpA(K), MHA, IBCLC, tidak ada perbedaan antara pengobatan kemoterapi dulu dan sekarang. Namun, yang membedakannya adalah obat pendukung efek sampingnya.

β€œKita mungkin pernah lihat di film 90an bagaimana menderitanya pasien kanker, setelah kemo mereka muntah-muntah dan lemas sekali. Tapi dengan kemajuan teknologi pengobatan yang luar biasa, pasien kanker didukung untuk bisa tetap bekerja atau sekolah setelah kemoterapi,” kata dr Edi.

Kemoterapi memang bisa menurunkan kekebalan tubuh dan meningkatkan kerentanan pasien untuk mengalami infeksi. Oleh karena itu, pasien harus dijaga benar kondisi kesehatan lingkungannya sampai pengobatan selesai, dr Edi mengakui saat ditemui belum lama ini.

β€œSelama kemo, pasien memang rentan terkena infeksi karena daya tahan tubuh yang rendah. Jangan heran mengapa pasien kanker harus pakai masker, itu bukan karena kanker menular tapi supaya pasien terhindar dari infeksi. Selain itu, jaga kebersihan makanan. Dan tentunya dukung anak agar hatinya tetap gembira,” pungkasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini