nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Sukses Berbisnis sambil Sekolah

Vessy Frizona, Jurnalis · Selasa 16 Februari 2016 19:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 02 16 196 1313648 tips-sukses-berbisnis-sambil-sekolah-270xD9Bedt.jpg Tips sukses berbisnis sambil sekolah (Foto: Istimewa)

SEKOLAH tidak menghalangi siswa-siswi untuk berbisnis, begitu pun sebaliknya. Kedua hal tersebut bisa berjalan beriringan dan saling berkontribusi.

Sekolah sambil berbisnis telah dijalani oleh siswi-siswi SMK 4 Denpasar. Mereka mendirikan perusahaan siswa bernama 4DEM. Perusahaan yang memproduksi sabun unik dari bahan alami tanah Bali. Produk sabun tersebut bermerEk Balinatur.

Bisnis sabun ini terbilang sukses karena mendapat binaan dari Citi Peka (Peduli dan Berkarya). Selain itu 4DEM juga akan mengikuti kompetisi Asia Pasific Company of the Year di Seoul, Korea Selatan. Perusahaan siswa ini terdiri dari 20 orang siswa dengan struktur satu President Director, satu Corporate Secretary, lima Vice President, dan 13 Manager dari lima divisi. Bertindak sebagai President Director, Salmanita Rizki Aatila Gautama (16 tahun).

Dalam acara 'Youth Entrepreuner Initiative' yang diselenggarakan Citi Peka, Salmanita Rizki Aatila Gautama atau yang akrab sisapa Sasha membagi tips sukses berbisnis sambil sekolah.

“Pertama kita harus memiliki tujuan kalau bisnis bukan semata untuk mecari keuntungan, tapi juga mengabdi kepada masyarakat. Sebab, produk kami memberdayakan petani,” ujar Sasha saat ditemui Okezone di Kawasan Sudirman Jakarta Selatan, Selasa (16/2/2016).

Kedua, lanjutnya, jangan berhenti walau banyak tantangan dan halangan, Misalnya, ketinggalan pelajaran atau ujian susulan karena sambil berbisnis. Yakin kalau semua itu akan terselesaikan beriringan.

“Ketiga, karena kita berbisnis sambil sekolah, jangan sampai tidak bersosialisasi. Sebab, bisnis akan mudah berkembang bila kita mudah bergaul di lingkungan sosial. Di situlah kesempatan memasarkan produk,” terangnya.

Misalnya, Sasha aktif sebagai anggota OSIS, modern dance, dan suka mengikuti kompetisi debat bahasa Inggris. Dalam kegiatan itulah ia memasarkan produknya sebab di sana banyak bertemu dengan orang-orang baru.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini