Cara Bedakan Kuas dari Plastik atau Bulu Babi

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Selasa 16 Februari 2016 07:30 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 16 298 1313023 cara-bedakan-kuas-dari-plastik-atau-bulu-babi-XYuhKtr1xT.jpg Kuas untuk makanan (Foto:Freelists)

KUAS adalah salah satu alat pengolahan yang banyak digunakan saat membuat olahan pastry dan bakery. Kini jenis kuas beragam berdasarkan bahan pembuatannya, tapi tahukah Anda bahwa bulu kuas bisa berasal dari plastik atau bulu binatang?

Meski terlihat sederhana tapi bagi umat Muslim, hal ini harus jadi perhatian utama. Pasalnya jika kuas terbuat dari bulu binatang khususnya babi maka itu akan memengaruhi kehalalan makanan yang diolah.

Melda Chaidar selaku Head of Operation Kampoeng Bakery Indonesia mengatakan kuas berbahan bulu kemungkinan terbuat dari dua bahan yakni plastik atau bulu binatang.

"Kuas yang bulu biasanya berbahan plastik atau bulu binatang. Nah kalau bulu binatang biasa yang dimanfaatkan bulu babi. Tentu ini harus jadi perhatian utama, terlebih bagi kita yang Muslim," kata perempuan ramah yang akrab disapa Melda ini saat ditemui di Bandung.

Melda melanjutkan, ada cara yang bisa dilakukan untuk mengetes bahan baku pembuatan kuas bulu ini yakni dengan cara dibakar. "Cara bedainnya dibakar. Kalau dia meleleh dan tidak bau berarti itu plastik, kalau terbakar dan berbau khas bulu binatang itu tandanya ya bulu binatang," jelas Melda.

Jika masih ragu untuk menggunakan kuas bulu, alternatifnya adalah dengan memanfaatkan kuas berbahan silikon. "Supaya aman dan lebih terjamin, pakai yang silikon," kata Melda yang juga menerapkan pada produk bakery olahannya yang mengusung jaminan produk halal.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini