Apa Beda Alergi Susu Sapi & Intoleransi Laktosa?

Erika Kurnia, Jurnalis · Kamis 18 Februari 2016 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 17 481 1314657 apa-beda-alergi-susu-sapi-intoleransi-laktosa-uqpHnnNjrY.jpg Ilustrasi alergi susu sapi (Foto: Healthwatchmd)

SETIAP kali minum susu kemasan apapun saya selalu mengalami gejala perut kembung dan terkadang diare. Kata beberapa teman saya alergi susu sapi, sehingga harus menghindari makanan dari susu lainnya, seperti keju atau yogurt. Tapi ada yang mengatakan itu gejala intoleransi laktosa.yang terbilang langka.

Sebenarnya, apa perbedaan antara alergi susu sapi dan intoleransi laktosa?

Jawaban:

Alergi terhadap susu ada dua jenis yaitu alergi protein susu dan alergi laktosa atau gula susu yang disebut intoleransi laktosa. Gejala yang ibu sebutkan adalah gejala umum intoleransi laktosa. Kalau alergi protein susu biasanya didapat dari kecil dan gejalanya seperti gejala alergi umumnya.

Susu masih dapat ditoleransi bila dalam jumlah sedikit dan bisa diganti dengan makan yogurt dan keju. Alternatif lainnya bisa dengan konsumsi tablet laktase sebelum makanan makanan produk susu, supaya tidak perlu lagi mengeluh kembung atau diare.

Ahli Gizi,

Emilia Achmadi MS, RD

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini