Usai Kena DBD, Pasien Wajib Lakukan Ini!

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 18 Februari 2016 19:49 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 18 481 1315828 usai-kena-dbd-pasien-wajib-lakukan-ini-KUj5q4RNzW.jpg Pasien DBD lakukan ini setelah pulang dari rumah sakit (Foto: Shutterstock)

SETELAH pulang dari rumah sakit, pasien demam berdarah dengue (DBD) memiliki sistem kekebalan tubuh lemah. Maka, Anda harus segera memulihkan agar cepat beraktivitas kembali.

Berikut adalah lima cara mudah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh seorang pasien DBD yang harus dilakukan, meski saat masih dalam perawatan di rumah sakit, sebagaimana dilansir Boldsky, Kamis (18/2/2016).

Minum banyak air putih

Pasien DBD selalu memiliki masalah jumlah trombosit rendah. Maka, Anda disarankan untuk minum banyak air putih, minimal dua liter sehari. Manfaatnya selain bangkitkan energi Anda, yaitu dapat membunuh virus dalam tubuh Anda, sehingga mudah meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Bedrest

Jika sudah pulang perawatan di rumah sakit, sebaiknya Anda tetap istirahat di rumah. Jangan terburu-buru beraktivitas, sampai kondisi Anda benar-benar pulih. Tapi selama bedrest, juga jangan perbanyak tidur, karena membuat Anda malas bergerak dan tidak kunjung sembuh.

Makan sehat

Mengonsumsi makanan bernutrisi dan higienis penting dilakukan siapa saja, apalagi bagi pasien DBD. Setidaknya, dalam sehari tubuh Anda memiliki asupan cukup karbohidrat, protein, vitamin dan lemak. Juga pilihlah beragam jenis makanan yang mudah dicerna selama Anda sakit.

Minum teh herbal

Apabila tubuh Anda sudah memasuki masa pemulihan, setelah sakit DBD, saatnya Anda mengonsumsi minuman teh herbal. Karena fungsinya dapat menghilangkan infeksi virus dalam waktu singkat.

Minum vitamin

Selama tubuh Anda lemah, konsumsi suplemen dan makanan alami yang mengandung tinggi vitamin C dan vitamin D. Karena kedua jenis vitamin itu membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan mudah dan tak butuh kocek mahal.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini