Sebab Seseorang Alami Orientasi Seks Menyimpang

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 19 Februari 2016 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 19 481 1316443 sebab-seseorang-alami-orientasi-seks-menyimpang-bDXXwF4lV1.jpg Ilustrasi (Foto: Independent)

BELAKANGAN ini, orientasi seksual menyimpang sedang ramai diperbincangkan masyarakat. Namun, penyebabnya jarang diketahui banyak orang. Yuk cari tahu!

Dikatakan Dokter Spesialis Anak Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSAB) Harapan Kita, dr Aditya Suryansyah SpA, seseorang yang mengalami orientasi seksual menyimpang, umumnya disebabkan karena dua hal. Pasien mengalami gangguan hormonal atau karena pengaruh psikologis.

"Di Indonesia, orang menyimpang dipengaruhi kondisi psikologis. Jarang yang mengalami gangguan hormonal, kelainan gen, atau kromosomnya, sehingga memengaruhi perilakunya," terangnya saat ditemui di kawasan Slipi, Jakarta Barat, baru-baru ini.

Pada kesempatan itu, tim dokter klinik remaja RSAB Harapan KIta itu juga menyinggung masalah lesbian, gay, biseksual dan transgender (LGBT). Menurut dia, fenomena ini juga dipengaruhi oleh faktor psikologis dan lingkungan sekitarnya.

"Kalau LGBT itu karena gangguan psikologisnya. Pengaruh hormonal dan kromosom sangat kecil. Mungkin pendekatannya ada kelainan hormonal, tapi kebanyakan LGBT setelah dites hormon, hasilnya normal," imbuhnya.

Bagi orangtua yang memiliki sang buah hati yang beranjak remaja, sejak dini harus mewaspadai bahayanya. Perbaiki pola asuhnya dan awasi terus kegiatan mereka, agar tidak terjerumus ke dalam masalah tersebut.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini