Trik Jitu Pilih Jambu Biji Manis Legit

Dinno Baskoro, Jurnalis · Sabtu 20 Februari 2016 16:00 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 20 298 1317135 trik-jitu-pilih-jambu-biji-manis-legit-JykCAtA4kU.jpg Jambu air yang matang berwarna merah muda (Foto: Timekanebooks)

JAMBU biji adalah buah tropis yang lezat untuk diolah menjadi berbagai makanan. Buah ini punya rasa manis, aroma khas dan legit ketika disantap langsung.

Saat hendak membeli buah jambu biji, ada baiknya untuk simak trik jitu pilih buah jambu biji berikut guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Simak ulasan singkatnya, seperti dikutip Ehow, Sabtu (20/2/2016).

Periksa bagian luar

Sebelum Anda membeli buah jambu biji. Ada baiknya untuk periksa bagian luar buah secara menyeluruh. Jika ada lubang, memar atau berwarna cokelat kehitaman, lebih baik jangan dibeli, karena khawatir terdapat ulat di dalamnya dan bagian dalam buah lebih cepat membusuk.

Aroma

Menetukan buah jambu biji yang matang tidak bisa diukur dengan pandangan mata. Cukup dengan menciumnya buahnya pada bagian luar. Buah jambu biji yang sudah matang sempurna, biasanya mengeluarkan aroma manis dan khas.

Jika Anda menemukan buah jambu yang aromanya tercium asam, atau bahkan menyengat, lebih baik jangan beli buah dengan ciri seperti ini.

Tekan lembut

Buah jambu biji yang sudah matang, tekstur buahnya cenderung lembut ketika ditekan. Karena itu pilihlah buah jambu biji yang bila ditekan, maka akan terasa lunak dan lembut. Namun jangan sampai terlalu lembek, karena bisa jadi buah jambu tersebut terlalu matang dan sulit diolah menjadi berbagai makanan.

Warna

Buah jambu yang sudah matang, warnanya cenderung merah muda segar. Bila menemukan daging buah jambu yang berwarna pink pucat, atau bahkan putih, maka buahnya masih belum matang sempurna, dan rasanya agak masam.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini