nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Sebab Kopi Mengancam Kesehatan Anak

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Minggu 21 Februari 2016 12:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 02 20 481 1316824 5-sebab-kopi-mengancam-kesehatan-anak-3jdZKZFZ9r.jpg Kandungan kopi membahayakan kesehatan anak (Foto: Boldsky)

ORANGTUA harus mengawasi segala asupan yang aka dikonsumsi anak-anak. Termasuk menjauhkan kebiasaan minum kopi dari anak-anak.

Karena, kebiasaan minum kopi dapat mengancam kesehatan anak. Berikut bahaya minum kopi bagi kesehatan anak seperti dikutip dari Boldsky, Minggu (21/2/2016).

Insomnia

Kopi adalah stimulan yang membantu menjaga tubuh aktif dan energik. Namun, anak-anak yang kecanduan kopi menghadapi kesulitan tidur. Mereka menderita gangguan tidur sangat awal dalam hidup mereka. Ini adalah salah satu efek samping dari pemberian kopi untuk anak-anak kecil.

Gigi berlubang

Anak-anak yang mibum kopi lebih rentan terhadap masalah gigi berlubang. Karena, asam dari kopi merusak enamel dan meningkatkan risiko kerusakan gigi pada anak-anak.

Tulang keropos

Minum kopi menyebabkan anak-anak sering buang air kecil. Sering buang air kecil dapat menyebabkan dehidrasi dan mengakibatkan ekskresi kalsium dari tubuh. Pada akhirnya hal ini menyebabkan tulang keropos.

Mengurangi nafsu makan

Penurunan nafsu makan adalah efek samping lain dari memperkenalkan kebiasaan minum kopi kepada anak-anak. Seharusnya, anak-anak diberi makanan yang kaya akan vitamin dan mineral.

Kesulitan dalam berkonsentrasi

Anak-anak yang mengonsumsi kopi berisiko menghadapi kesulitan berkonsentrasi di beberapa kegiatan sehari-hari. Karena kopi adalah stiimulan, maka anak-anak yang minum kopi seperti mengalami kegelisahan, lekas marah, hipertensi dan hiperaktif.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini