Sebab Pria Dewasa Bisa Jadi Korban Pelecehan Seksual

Vessy Frizona, Jurnalis · Senin 22 Februari 2016 06:40 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 22 196 1317903 sebab-pria-dewasa-bisa-jadi-korban-pelecehan-seksual-osh7qR2zt3.jpg Pria dewasa bisa jadi korban pelecehan seksual (Foto: Shutterstock)

TAMPAKNYA, mustahil jika seorang pria dewasa bisa menjadi korban pelecehan seksual yang dilakukan oleh sesama pria dewasa. Namun, faktanya hal tersebut benar terjadi.

Belakangan ini muncul dua kasus pelecehan seksual yang melibatkan pria dewasa. Pertama, presenter Indra Bekti yang dikabarkan mengajak Gigih Arsanofa bersetubuh dengan iming-iming pekerjaan. Kedua adalah kasus pencabulan yang dilakukan pedangdut Saipul Jamil terhadap korban DS (17) berjenis kelamin pria.

Dari dua contoh kasus tersebut, Psikolog keluarga Sani B Hermawan berpendapat, memang seharusnya pria dewasa bisa melawan dan tegas menolak perlakuan yang melecehkan mereka. Tapi bila penolakan tidak dapat dilakukan, mungkin ada penyebab yang membuat mereka tidak berdaya.

“Dalam hubungan apa pun ada pihak yang dominan dan tidak dominan. Biasanya, pria korban pelecehan seksual sesama pria juga karena mereka tidak dominan,” jelas Sani saat dihubungi Okezone.

Wanita lulusan Psikologi Universitas Indonesia ini juga memberi contoh hubungan tersebut. Misalnya, soal status seperti fans dengan idola atau atasan dengan bawahan. Jadi, fans atau bawahan merasa tidak berdaya melawan idola atau atasannya.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini