Pengganti Terigu untuk Anak Autis

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Jum'at 26 Februari 2016 11:02 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 26 298 1321890 pengganti-terigu-untuk-anak-autis-oRYy8VF4Jl.png Gluten free untuk anak autis (Foto:Urbantastebud)

ANAK berkebutuhan khusus misalnya autis tak boleh menyantap sembarang makanan karena beberapa jenis makanan justru bisa menganggu fungsi organ tubuhnya. Salah satunya mereka tak boleh makan makanan berbahan terigu, lalu apa gantinya?

Ditemui di Jakarta Chef Nanda Hamdalah mengatakan anak autis tidak boleh mengonsumsi tepung terigu karena kandungan gluten dalam terigu bisa membuatnya menjadi lebih aktif. Sebagai alternatifnya, mereka bisa menyantap makanan dari tepung lain.

"Mereka enggak boleh makan dari tepung terigu karena memicu mereka jadi semakin aktif dan nggak bisa diam. Ada aja yang dikerjain," kata Chef Nanda saat ditemui dalam acara Cooking Show di Food Park, Grand Galaxy Mall Bekasi, Bekasi, Jawa Barat. 

Chef yang juga menjadi salah satu pengajar di Rumah Autis Bekasi ini memberikan solusi bahan makanan sebagai pengganti tepung terigu. "Sekarang ada kok tepung gluten free jadi memang enggak ada glutennya. Khusus buat anak-anak autis," lanjut Nanda.

Tepung gluten free ini bisa ditemui di toko bahan kue dan terbukti bisa menggantikan fungsi tepung terigu.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini