nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Tips Menggoreng Pakai Minyak Zaitun

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Senin 29 Februari 2016 02:09 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 02 28 298 1323327 3-tips-menggoreng-pakai-minyak-zaitun-gN5QVzCJf5.jpg Minyak zaitun (Foto:Tsmc)

MINYAK zaitun memang tidak disarankan untuk menggoreng karena titik panasnya sangat rendah. Tapi jika ingin tetap menggunakan saat menggoreng, simak tipsnya.

Ditemui di Bekasi, Jawa Barat, Chef nanda Hamdalah memberikan tiga tips saat hendak menggoreng makanan dengan minyak zaitun.

Gunakan api kecil

Pastikan api yang digunakan adalah api kecil. Biarkan minyak menjadi panas dengan cara perlahan. Memang membutuhkan waktu agak lama tapi cara ini menjaga agar kualitas minyak tidak berkurang.

Pakai wajan stainless stell

Wajan berbahan stainless stell punya sifat penghantar panas yang bagus dan stabil. Oleh karenanya usahakan untuk menggunakan wajan stainless saat menggoreng dengan minyak zaitun.

Jaga suhu minyak

Jika minyak sudah terlalu panas, biasanya ditandai dengan mulai mengepul asap tipis di permukaan minyak. Sebaiknya jaga suhunya agar minyak tidak terlalu panas apalagi melampaui titik panasnya. Karena minyak zaitun yang rusak akan mengurangi manfaatnya yang tadinya bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini