nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Halusinasi, Awal Gejala Penyakit Skizofrenia

Dewi Kania, Jurnalis · Minggu 28 Februari 2016 16:06 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 02 28 481 1323241 halusinasi-awal-gejala-penyakit-skizofrenia-Mm5qI5PFt5.jpg Gejala penyakit skizofrenia (Foto: Healthination)

Banyak gejala umum yang sering dialami oleh penderita skizofrenia. Bahkan, Anda pun mudah mendeteksinya. Seperti apa?

Dikutip Boldsky, Minggu (28/2/2016), berikut adalah 3 gejala dari skizofrenia, bahkan hal itu dapat membawa dampak merugikan bagi orang lain.

Halusinasi

Penderita skizofrenia memang tidak mengalami gejala fisik secara signifikan. Mereka hanya mengalami kelainan perilaku, seperti suka berhalusinasi karena dorongan otaknya. Mereka sering membayangkan hal-hal yang tidak benar-benar adanya di dunia nyata. Kalau tidak dicegah tentu akan membahayakan dirinya.

Depresi

Setiap penderita skizofrenia sering mengalami perasaan cemas tak menentu. Kalau tidak dialihkan, ini akan berdampak depresi. Kondisi ini juga sangat merugikan dirinya dan lingkungan sekitar.

Berkhayal

Delusi sering menghinggapi orang skizofrenia. Mereka sering menciptakan khayalan yang sulit dikendalikan, sampai akhirnya membuat orang lain ketakutan saat gangguan perilakunya itu kambuh.

Untuk mencegahnya, penderita skizofrenia harus menjalani psikoterapi rutin. Mereka harus ada di bawah pengawasan dokter atau psikiater agar tidak membuat kondisi mentalnya semakin parah dan merugikan lingkungan sekitar.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini