nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Dampak Koran Bekas untuk Alas Gorengan

Erika Kurnia, Jurnalis · Rabu 02 Maret 2016 16:32 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 03 02 481 1325856 ini-dampak-koran-bekas-untuk-alas-gorengan-7GdKCMws6g.jpg Waspada dampak kertas koran untuk alas gorengan (Foto: Zee)

KETIKA Anda atau ibu memasak makanan goreng, kertas koran masih sering digunakan untuk meniris minyak. Tapi pernahkah Anda memikirkan dampak negatif dari sering menggunakan koran bekas?

Sebagaimana dilansir dari Zeenews, Rabu (2/3/2016), berikut beberapa dampak negatif dari penggunaan koran bekas yang terlalu sering untuk menyerap minyak pada makanan.

Kanker

Tinta yang digunakan pada surat kabar bisa luruh karena minyak dan ini tidak untuk dikonsumsi. Bila terserap dalam makanan dan masuk dalam tubuh, ini akan menjadi zat karsinogen.

Masalah paru-paru dan ginjal

Koran mengandung grafit. Jika tertelan, bisa membuat tubuh Anda tidak mampu menghilangkan racun dan metabolitnya melalui ekskresi. Bila terus terakumulasi, ini dapat menyebabkan masalah yang berhubungan dengan paru-paru dan ginjal.

Gangguan kesehatan pencernaan dan hormon

Pelarut kimia dari tinta koran bisa mengganggu kesehatan pencernaan dan hormon Anda. Ketidakseimbangan hormon dan masalah pencernaan bisa menjadi keluhan.

Lalu, apa yang dapat digunakan sebagai pengganti koran? Untuk menyerap atau rendam minyak berlebihan dari makanan yang digoreng, Anda bisa menggunakan tisu atau kertas dapur. Kertas polos jelas lebih baik daripada kertas koran.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini