nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tanda Makanan Sisa Masih Layak dikonsumsi

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Jum'at 04 Maret 2016 13:33 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 03 04 298 1327590 tanda-makanan-sisa-masih-layak-dikonsumsi-crxoPnt7lb.jpg Ilustrasi (Foto: Thedailymeal)

KETIKA punya bahan sisa usai memasak, jangan langsung berpikir untuk membuangnya karena beberapa bahan makanan masih bisa disimpan dan digunakan kembali keesokan hari.

Dilansir dari TheDailyMeal, Jumat (4/3/2016) berikut beberapa jenis makanan yang bisa disimpan dan cara penyimpanan yang benar.

Makanan olahan

Masakan yang tidak langsung dihabiskan, bisa disimpan dalam jangka waktu tertentu tergantung jenis masakannya. Masakan seperti tumisan misalnya biasa disimpan dalam jangka waktu empat hingga lima hari dalam lemari es. Selain itu pastikan makanan disimpan dalam wadah kedap udara yang tertutup rapat.

Bahan makanan segar

Beberapa jenis buah dan sayuran memiliki waktu simpan yang singkat karena meski sudah dipanen, makanan segar ini akan terus menua secara alami. Beberapa buah seperti berry, jagung dan sayuran hijau biasanya hanya tahan dalam jangka waktu beberapa hari saja sedangkan untuk jenis yang lebih padat bisa bertahan lebih lama. Misalnya apel, labu, bit, kentang dan bawang bisa bertahan hingga seminggu lebih.

Salad

Sisa salad bisa disimpan hingga tiga atau empat hari setelahnya. Caranya adalah dengan menempatkan salad pada wadah yang rapat kemudian disimpan dalam lemari es. Salad masih akan tetap segar jika sayuran yang digunakan di awal adalah sayuran segar.

Jamur

Jamur termasuk satu bahan yang mudah rusak. Jika memiliki jamur sisa dan ingin disimpan untuk keesokan hari, Anda bisa menyimpannya dalam wadah setelah sebelumnya dibalut dengan tisu atau kertas kering.

(hel)

Berita Terkait

makanan enak dan sedap

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini