Mengunyah Permen Karet Bisa Berujung Tumor Otak

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Jum'at 04 Maret 2016 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2016 03 04 481 1327659 mengunyah-permen-karet-bisa-berujung-tumor-otak-g2STsOWOtl.jpg Terlalu sering mengunyah permen karet picu tumor otak (Foto: Boldsky)

MASIH berpikir mengunyah permen karet untuk mengoptimalkan diet penurunan berat badan? Tampaknya, Anda harus berpikir dua kali sebelum terlalu sering mengunyah permen karet.

Karena, mengunyah permen karet terlalu sering dapat menyebabkan Anda terserang tumor otak. Berikut penjelasannya beserta dengan bahaya lain dari terlalu sering mengunyah permen karet seperti dikutip Boldsky, Jumat (4/3/2016).

Menyebabkan bau mulut

Hampir semua orang tidak ingin mengalami bau mulut, karena bisa sangat memalukan. Biasanya, seseorang akan mengunyah permen karet untuk mencegah bau mulut, tapi langkah ini sebenarnya kurang tepat. Karena, mengunyah permen karet menyebabkan bakteri muncul akibat produksi air liur berlebihan. Bakteri adalah salah satu penyebab dari bau mulut datang.

Meningkatkan risiko Temporomandibular Joint Disorder (TMJ)

Temporomandibular Joint Disorder atau gangguan sendi temporomandibular adalah jenis gangguan rahang. Jadi, terlalu sering mengunyah permen karet dapat meningkatkan risiko mengalami gangguan rahang. Bahkan, terlalu sering mengunyah permen karet dapat menyebabkan pecah tulang rawan dan sendi di mulut.

Merusak gigi

Menguyah permen karet terlalu sering dapat menyebabkan kerusakan gigi. Hal ini karena permen karet mengandung banyak gula yang menyebabkan gigi dan gusi mudah rusak. Bahkan, jika Anda terlalu sering mengunyah permen karet, maka perasa asam dan pengawetnya dapat menyebabkan erosi gigi.

Bisa sebabkan tumor otak

Beberapa permen karet mengandung pemanis buatan yang sangat berbahaya dari biasanya. Bahkan, pemanis buatan ini tidak hanya menyebabkan erosi gigi, tetapi juga memiliki efek buruk lainnya. Salah satu bahan dalam permen karet, Aspartame, yang biasa ditemukan pada produk 'bebas gula' ini telah dihubungkan dengan tumor otak, kanker dan cacat lahir.

Menyebabkan sakit kepala

Mengunyah permen karet sepanjang hari dapat mengakibatkan pengencangan otot-otot dekat kepala. Hal ini pada akhirnya memberikan tekanan besar terhadap saraf pemasok oksigen dari kepala yang menyebabkan sakit kepala kronis.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini