Kenali Gangguan Ginjal dari Urin

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Jum'at 04 Maret 2016 21:30 WIB
https: img.okezone.com content 2016 03 04 481 1327959 kenali-gangguan-ginjal-dari-urin-e3WVBc3jv4.jpg Deteksi masalah ginjal dari urin (Foto: Boldsky)

TERKADANG seseorang tidak menyadari ginjal mereka tidak berfungsi dengan normal. Sampai pada akhirnya, kebanyakan orang terlambat menyadari jika telah mengalami gagal ginjal.

Karena itu, tak ada salahnya kita mengenali tanda-tanda ginjal bermasalah, salah satunya melalui urin. Berikut mengenali gangguan ginjal melalui urin seperti dikutip Boldsky, Jumat (4/3/2016).

Masalah buang air kecil

Ketika urin berkurang, maka ini adalah indikasi jelas bahwa ginjal tidak berfungsi. Di sisi lain, jika Anda jarang sekali buang air kecil di malam hari, maka ada kemungkinan kecil bahwa Anda menderita penyakit ginjal, karena ini biasanya terjadi ketika filter ginjal rusak.

Urin berdarah

Jika buang kecil terasa sangat menyakitkan, maka kemungkinan besar Anda terserang infeksi saluran kemih. Namun, jika buang air kecil disertai dengan darah dalam urin, maka bisa menjadi pertanda ginjal tidak berfungsi.

Urin berbusa

Urin yang berbusa merupakan indikasi jelas dari gagal ginjal. Selain itu, Anda juga akan mencium aroma tak sedap dari urin yang tidak boleh diabaikan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini