nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

7 Sumber Protein Hewani Terbaik untuk Buah Hati

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 07 Maret 2016 07:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 03 05 481 1328359 7-sumber-protein-hewani-terbaik-untuk-buah-hati-7PT0T0w2PA.jpg Alpukat sumber terbaik protein hewani bagi bayi (Foto: Authoritynutrition)

BAYI membutuhkan asupan protein sekira 11 gram setiap hari. Namun, sayangnya terkadang orangtua bingung memberikan asupan protein terbaik untuk buah hati.

Berikut 7 sumber protein hewan terbaik untuk buah hati sebagaimana dikutip Boldsky, Senin (7/3/2016).

Alpukat

Buah berwarna hijau ini kaya nutrisi tambahan dibandingkan dengan buah lainnya. Alpukat juga memiliki kandungan protein maksimum, sehingga dapat dikatakan sebagai superfood seorang bayi.

Kacang

Seorang bayi juga harus mengonsumsi sumber tanaman pangan kaya protein, seperti kacang. Sertakan sayur kacang dalam menu makanan pendamping ASI (mpasi) bayi Anda bersama dengan nasi atau roti. Bahkan, jika sang bayi punya alergi protein hewani, sangat cocok digantikan dengan produk kacang.

Kedelai

Kedelai sangat tinggi protein dan terdiri dari kandungan delapan asam esensial. Tambahkan kedelai ke dalam menu mpasi bayi Anda. Terlebih, Anda juga dapat memberikan susu kedelai segar, bila sang buah hati memiliki alergi susu sapi.

Ikan

Segala jenis ikan laut dan tawar sangat kaya protein. Bagi seorang bayi yang tidak alergi makan ikan, dianjurkan setiap makan mengonsumsinya. Anda dapat mengombinasikan ikan tanpa tulang dengan nasi dan sayur, saat makan pagi, siang atau malam.

Produk susu

Beragam pilihan keju, susu sapi, dan yogurt adalah sumber protein yang harus dimasukkan dalam daftar makanan bayi. Tak hanya membuat otak si bayi cerdas, kalsium dalam susu juga mampu menguatkan pertumbuhan tulang.

Ayam

Ayam juga termasuk sumber protein yang bagus dikonsumsi bayi. Tapi lebih baik Anda memilih ayam kampung dibandingkan ayam negeri suntik. Pastikan juga masak potongan ayam dengan tepat agar terbebas dari bakteri.

Telur

Sejauh ini sumber protein paling banyak terdapat di dalam telur. Jika bayi Anda tak ada pantangan alergi, tak ada salahnya memberi menu makan telur rebus kepada sang buah hati. Nah, kalau bayi Anda belum berusia satu tahun, biarkan dia makan bagian kuning telurnya saja, karena lebih bermanfaat

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini