Kiat Mudah Turunkan Berat Badan bagi yang Diet

Erika Kurnia, Jurnalis · Senin 07 Maret 2016 11:07 WIB
https: img.okezone.com content 2016 03 07 481 1329424 kiat-mudah-turunkan-berat-badan-bagi-yang-diet-YgWm85wqaf.jpg Menurunkan berat badan bagi yang diet (Foto: Zeenews)

ORANG yang memiliki masalah kelebihan berat badan rentan berbagai penyakit, tak terkecuali kanker. Ada cara mudah untuk diet.

Dengan demikian, usaha untuk menurunkan berat badan perlu dilakukan, salah satunya dengan mengontrol diet.

Dikatakan Dr Kan Yuk Man, MB, CHB, FRCS, FRCS, konsultan senior bedah umum dari The Surgical Practice (TSP) Clinics di Singapura, kegemukan atau obesitas yang dipicu faktor pola makan dapat meningkatkan risiko diabetes, hipertensi, stroke, penyakit jantung, dan kanker.

"Apa yang kita makan itulah apa yang akan membentuk diri kita. Kita harus menerapkan pola makan seimbang. Sesuai piramida makanan, makanan yang paling sedikit boleh kita konsumsi adalah lemak, gula, dan garam," papar Dr Kan Yuk Man, dalam seminar kesehatan di Jakarta, Sabtu (5/3/2016).

Beberapa kanker yang disebabkan faktor risiko utama dari pola makan seperti kanker usus besar atau kolorektal dan kanker hati.

Namun, menerapkan pola makan sehat juga diperlukan untuk mendukung kesehatan mereka yang mengidap kanker jenis lain.

Pada kesempatan yang sama, Dr Tan Yah Yuen, konsultan senior ahli bedah kanker, memaparkan panduan diet sehat dari “American Cancer Society Guidelines on Nutrition and Physical Activity for Cancer Prevention”.

1. Makan dan minum dengan jumlah yang terkontrol sesuai target penurunan berat badan atau kebutuhan kalori harian.

2. Makan buah dan sayur bervariasi sebanyak 5 hingga 6 porsi dalam sehari.

3. Konsumsi makanan berbiji utuh (seperti gandum dan beras merah) daripada biji-bijian yang telah melalu banyak proses.

4. Hindari makanan yang diproses dan daging merah.

5. Hindari konsumsi alkohol.

6. Melakukan aktivitas fisik setiap minggu, setidaknya 5 kali dalam seminggu, dengan menghabiskan 30 menit atau lebih untuk aktivitas fisik per hari.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini