nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Alasan Ikut Tari Cha-Cha Menyehatkan

Erika Kurnia, Jurnalis · Senin 07 Maret 2016 16:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 03 07 481 1329773 alasan-ikut-tari-cha-cha-menyehatkan-waDsL80j4g.jpg Belajar Tari Cha-Cha Menyehatkan (Foto: Ytimg)

APAKAH Anda sedang mencari bentuk tarian yang bisa dipelajari sekaligus untuk membantu menjaga kesehatan? Tarian Latin cha-cha bisa menjadi pilihan yang bagus. Pasalnya, sebuah penelitian baru-baru ini menemukan bahwa banyak manfaat dari melakukan latihan tari ini.

University of Illinois menunjukkan bahwa program tari 4 bulan bisa membuat orang lanjut usia di Latin, untuk berjalan lebih cepat dan meningkatkan kebugaran fisik yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Peneliti menguji 54 orang Latin (berusia rata-rata 65 tahun, 80 persen perempuan Meksiko) yang tidak aktif secara fisik. Peserta secara acak ditugaskan untuk berpartisipasi dalam program tari 2 kali seminggu selama 4 bulan dan mengikuti program pendidikan kesehatan.

Semua peserta juga diminta untuk melengkapi kuesioner tentang aktivitas fisik di waktu luang mereka dan tes berjalan 400 meter pada awal dan akhir penelitian.

Setelah 4 bulan dari 2 kali seminggu mengikut latihan menari, peneliti menemukan bahwa peserta studi berjalan lebih cepat dan lebih aktif selama waktu luang mereka daripada sebelum mereka mulai mengikuti program latihan.

Penari menyelesaikan 400 meter berjalan kaki hanya dalam waktu kurang dari 392 detik dibandingkan dengan hampir 430 detik pada awal penelitian. Studi ini juga menemukan bahwa aktivitas fisik olahraga meningkat dari 650 menit menjadi hampir 818 menit per minggu.

Mereka yang berada di kelas-kelas pendidikan kesehatan memiliki sedikit peningkatan dalam kebugaran. Mereka bisa mencapai 400 meter dengan berjalan sekitar 409 detik pada akhir studi dibandingkan dengan 419 detik pada empat bulan sebelumnya.

Total waktu yang dihabiskan untuk aktivitas fisik olahraga mingguan meningkat dari 522 menit ke 628 menit selama penelitian, yang kemudian dipresentasikan dalam Sesi Ilmiah American Heart Association Epidemiologi / Lifestyle 2016.

Meningkatkan aktivitas yang telah menjadi budaya seperti ini tampaknya bisa menjadi intervensi yang menyenangkan untuk mendukung kesehatan masyarakat, kata penulis studi utama Priscilla Vasquez, seperti dilansir dari Timesofindia, Senin (7/3/2016).

"Saya pernah mendengar bahwa mereka yang menghadiri kelas dansa menjadi lebih mampu menghilangkan stres mereka. Interaksi dengan orang lain alam kelas juga bisa membangun hubungan sosial yang berdampak pada emosional kesehatan dan kesejahteraan," ujarnya.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini