nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pertanda Anda Mengalami Intoleransi Laktosa

Erika Kurnia, Jurnalis · Jum'at 11 Maret 2016 07:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 03 10 481 1332588 pertanda-anda-mengalami-intoleransi-laktosa-yx9nK2Bq13.jpg Ilustrasi alergi susu sapi (Foto: Healthwatchmd)

BILA setiap kali mengonsumsi produk susu Anda selalu mengeluhkan kram dan perut kembung, itu tandanya Anda alami intoleransi laktosa.

“Intoleransi laktosa adalah masalah yang cukup umum, namun sering tidak disadari setelah bertahun-tahun lamanya,” kata ahli pencernaan, Niket Sonpal, MD, seperti dikutip dari Womenshealthmag.

Namun, bila Anda mengalami beberapa kondisi di bawah ini, itu artinya Anda positif alami intoleransi laktosa.

Alami macam-macam gejala

“Gejala umum dari intoleransi laktosa adalah kembung, gas, diare, nyeri, atau perut bawah yang terasa keroncongan, dan tahak yang berbau,” kata Gina Sam, MD, ketua Gastrointestinal Motility Center di Mount Sinai Hospital.

Beberapa gejala yang terbilang jarang seperti kotoran berbusa dan mual yang bisa diikuti muntah-muntah. Bila Anda mengalami variasi gejala seperti itu, sudah saatnya Anda memeriksakan diri ke dokter, pesan Sam.

Gejala menyerang begitu cepat

Batas intoleransi laktosa dari satu orang ke orang lainnya dapat berbeda. Bagaimana pun, ketika Anda telah mengonsumsi produk susu lebih dari yang bisa ditoleransi, gejala dapat muncul 30 menit sampai dua jam setelah produk tersebut masuk ke dalam tubuh.

Sebelumnya Anda menderita masalah pencernaan

Masalah intoleransi laktosa bisa dipicu sensitivitas usus yang dimulai dengan flu berat, gastroenteritis, atau penyakit Crohn, kata Sonpal. Bila masalah awal dapat diatasi atau dikontrol, maka masalah intoleransi laktosa sekunder yang dialami akan dapat diatasi.

Contohnya, saat Anda baru mengalami keracunan makanan, sebaiknya hindari minum susu atau produk turunannya selama seminggu atau dua minggu.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini