nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pengaruhi ASI, 6 Makanan Harus Dihindari Ibu Menyusui

Dinno Baskoro, Jurnalis · Jum'at 11 Maret 2016 18:45 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 03 11 298 1333563 pengaruhi-asi-6-makanan-harus-dihindari-ibu-menyusui-cbqRLADJ9c.jpg Makanan pedas (Foto:Sodahead)

SETELAH melahirkan, wanita tidak disarankan untuk makan sembarangan. Pasalnya, bisa jadi makanan tersebut malah memengaruhi kandungan ASI dan membuat bayi Anda mengalami gangguan kesehatan.

Makanan apa saja? Berikut ulasan lengkapnya, seperti dilansir Babble, Jumat (11/3/2016).

Kopi, minuman soda dan teh berlebihan

Setelah melahirkan jangan konsumsi kopi, soda dan teh berlebihan. Pasalnya, kandungan kafein ini dapat memengaruhi kandungan ASI dan khawatir bisa membuat bayi Anda gelisah dan cepat marah, bahkan sulit tidur.

Cokelat

Tidak sembarang cokelat dapat dikonsumsi ibu menyusui. Jika ingin cokelat yang bermanfaat, sebaiknya konsumsi dark chocolate yang kandungan kakaonya sekira 70 persen. Selain itu, konsumsinya juga jangan berlebihan.

Buah jeruk

Sesungguhnya, buah jeruk punya kandungan vitamin C yang baik untuk tubuh. Namun, perlu diperhatikan agar tidak berlebihan. Pasalnya, ditemukan senyawa tertentu dalam buah jeruk yang bisa memengaruhi kandungan ASI yang merujuk pada ruam, hingga mulut berlendir pada si kecil.

Brokoli

Konsultan laktasi mengatakan bahwa konsumsi brokoli berlebihan bisa menyebabkan iritasi ringan pada bayi Anda. Apalagi jika dikonsumsi berlebihan, pasalnya sayuran seperti brokoli itu mengandung gas dan bisa berpengaruh pada kandungan ASI.

Alkohol

Konsumsi minuman beralkohol lebih dari satu gelas perhari amat berisiko terhadap bayi Anda. Segera kurangi konsumsi minuman beralkohol pada saat Anda sedang menyusui.

Makanan pedas

Makanan pedas bisa memengaruhi kandungan ASI. Jangan sekali-kali mencoba menambahkan esktra cabai kalau tidak ingin si kecil rewel selama berjam-jam. Perlu diketahui, cabai bisa menyebabkan bayi Anda merasa tidak nyaman usai minum ASI.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini