nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Berbisnis Tanpa Keluar dari Pekerjaan

Afiza Nurmuseriah, Jurnalis · Senin 14 Maret 2016 12:33 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 03 14 196 1335250 tips-berbisnis-tanpa-keluar-dari-pekerjaan-TeDfBz1rNP.jpg Berbisnis tanpa keluar dari pekerjaan (Foto: Entrepreneur)

MEMULAI bisnis sampingan di luar pekerjaan yang Anda geluti sehari-hari bukan perkara mudah. Mungkin satu sisi mempertahankan pekerjaan sebagai penghasilan utama, di sisi lain berwirausaha untuk menyalurkan hobi dan menambah pendapatan.

Untuk itu, agar keduanya seimbang berikut beberapa tips bila Anda ingin berwirausaha tanpa keluar dari pekerjaan tetap.

Perjelas alasan memulai bisnis

Perjelas alasan memulai bisnis sedangkan Anda masih dalam perjanjian kerja dengan perusahaan saat ini. Mungkin Anda termotivasi dengan menjadi bos sendiri, memiliki kebebasan waktu, bebas berekspresi kreatif, atau membantu orang lain. Apa pun alasan, ini akan membuat Anda tetap fokus untuk berkomitmen pada impian Anda di saat-saat yang sulit.

Perkuat komitmen

Perlu ditekankan, bekerja sesuai passion dengan berwirausaha versus bekerja kantoran sangatlah berbeda. Bila Anda ingin menjalankan keduanya, bedakan dan perkuat komitmen. Namun, bila ingin bisnis di luar pekerjaan sukses sesuai impian, Anda harus “all in” di dalamnya.

Buat visi pribadi mengenai bisnis

Pikirkan apa yang Anda inginkan dalam bisnis yang sedang dibangun, bila perlu tuliskan itu dalam buku catatan harian. Buat spesifik dan terperinci, jelaskan secara detail bagaimana regulasi, kebutuhan, target klien, dan goals. Baca visi Anda setiap pagi sebelum memulai hari, dengan begini akan membuat Anda fokus dalam bisnis dan juga fokus pada pekerjaan yang sedang Anda geluti. Demikian dilansir Entrepreneur, Senin (14/3/2016).

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini