nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Catat! Persiapan Penting Sebelum Mendaki Gunung

Nadia Andryani, Jurnalis · Kamis 17 Maret 2016 06:53 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 03 17 406 1338132 catat-persiapan-penting-sebelum-mendaki-gunung-MHM2WSJ9DH.jpg Persiapan penting sebelum mendaki gunung (Foto: Fitday)

MENDAKI gunung merupakan wisata sedikit berbahaya dan ekstrim. Maka diperlukan sekali sebuah persiapan penting dan matang sebelum melakukanya.

Namun tak perlu khawatir, kali ini ada cara yang bisa kamu lakukan sebagaimana dilansir Wikihow, Kamis(17/3/2016) 

Lakukan Pelatihan atau Kursus

Bagi kamu terutama pemula, mendaki gunung ini termasuk kedalam wisata yang berbahaya lho. Maka untuk persiapan, tak ada salahnya bila kamu latihan atau kursus dengan orang yang sudah ahli. Santak ketika ada dilapangan atau di gunung, kamupun sudah siap dan tidak kaget.

Ketahui Jalur Mendaki

Hendaknya kamu mengetahui dan mengusai jalur mendaki yang akan dilewati. Kamu dapat melihat jalur mendaki ini melalui peta ataupun persiapan lainya yang telah disediakan oleh pihak panitia.

Namun demi keamanan akan lebih baik lagi, bila saat perjalanan mendaki, kamu didampingi oleh seorang instuktur yang telah mengusai betul jalur dakian tersebut.

Terus berlatih

Untuk sampai ke puncak gunung memang diperlukan sekali kemapuan yang hebat. Oleh karena itu hendaknya kamu terus berlatih dan mencoba untuk mendaki.

Cari Pemimpin yang Baik

Pemimpin yang baik pada robongan daki gunung tenyata juga merupakan faktor yang penting lho. Bahkan tanpa seorang pemimpin yang baikpun dikhawatirkan justru kamu dan rombongan akan tersasar.

Pilihlah pemimpin yang sudah memilki banyak pengalaman dan mengerti betul akan medan yang ingin dilewati.

Keamanan

Untuk mengantisipasi hal yang tidak ingin, tak ada salahnya bila kamu membawa persiapan-persiapan penting dan waspada seperti paspor, asuransi, benda tajam dan alat keamanan lainya, sehingga perjalanan mu pun akan menjadi jauh lebih aman.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini