nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Bedakan Bayi Alergi karena Baju & Makanan

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 22 Maret 2016 19:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 03 22 481 1342980 cara-bedakan-bayi-alergi-karena-baju-makanan-bplZJ0iYme.jpg Baju dan makanan bisa sebabkan bayi alergi (Foto: Parenting)

SECARA umum kulit bayi sangatlah sensitif. Mereka mudah mengalami iritasi karena pengaruh salah pakai baju dan makanan yang memicu alergi.

Dokter Spesialis Anak dr Naomi Esthernita SpA(K) menjelaskan, semakin muda usia bayi, kulitnya semakin sensitif. Apalagi kalau lahirnya prematur, 20-30 persen kulitnya lebih sensitif.

"Kulit bayi iritasi tidak hanya karena pakaian saja. Paling banyak bayi mengalami alergi makanan, terutama susu sapi. Biasanya ini disebut dengan dermatitis kontak yang bisa terjadi sampai dewasa," tuturnya saat ditemui di Plaza Indonesia, kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (22/3/2016).

Sayangnya, sebagai ibu muda, Anda tentu sulit membedakan antara bayi iritasi akibat menggunakan pakaian tak nyaman dan alergi makanan. Bagaimana cara membedakannya ya?

"Untuk masalah ini agak sulit membedakannya. Tapi secara garis besar, kalau bayi mengalami alergi makanan seluruh tubuh terjadi reaksi sistemik," kata dokter yang praktik di Siloam Hospital Kebon Jeruk itu.

Sementara, kalau iritasi akibat kontak kain, reaksinya hanya terdapat di satu bagian tubuh saja, misalnya iritasi di bagian leher dan harus segera diatasi.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini