Diet Ini Dapat Cegah Jutaan Kematian

Erika Kurnia, Jurnalis · Rabu 23 Maret 2016 13:16 WIB
https: img.okezone.com content 2016 03 23 481 1343675 diet-ini-dapat-cegah-jutaan-kematian-39DzDPm9KW.jpg Diet daging (Foto:Thetapaslaunchcompany)

DENGAN mengurangi konsumsi daging, kita dapat mencegah jutaan kematian setiap tahunnya, selain mengurangi emisi yang sebabkan pemanasan global dan menguras jutaan dolar untuk biaya perawatan kesehatan, kata sebuah studi terbaru.

Peneliti dari Oxford University membandingkan empat bentuk diet, yaitu diet yang umum kita makan saat ini, makanan yang secara universal dianggap lebih sehat, pelaku vegetarian, dan vegan. Dibandingkan dengan bagaimana kita makan sekarang, diet vegan yang menolak segala macam bentuk produk hewani sejauh ini paling memberi dampak positif pada planet bumi.

Dikatakan, 8,1 juta kematian akan berkurang setiap tahunnya, selain itu 70 persen emisi makanan dapat dikurangi, dan ini dapat menghemat sampai 1 triliun per tahun. Tim peneliti menyebutkan, ini didapat karena pelaku vegan megonsumsi lebih sedikit kalori, berkurangnya polusi dari produksi bahan makanan, dan ketergantungan pada makanan yang lebih bernutrisi.

Tentu, tidak mungkin dunia akan menghentikan konsumsi atau penggunaan daging dan produk turunannya. Untungnya, studi ini menunjukkan bahwa hanya dengan mengurangi konsumsi daging dan penggunaan produk turunannya serta menginsumsi lebih banyak bahan pangan tanaman akan lebih banyak tetap akan menyelamatkan jiwa.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat mulai diterapkan untuk mengurangi konsumsi daging dan memperpanjang usia Anda, seperti dikutip dari Womenshealthmag, Rabu (23/3/2016).

Kurangi daging

Saat Anda mendapat hidangan buffet untuk makan siang, Anda mungkin dihadapkan dengam banyak pilihan makanan berprotein, entah itu daging sapi, ayam, atau akan. Bila ini yang Anda temui, kurangi potongan daging dan lebih banyak memilih sumber protein nabati seperti kacang-kacangan dan perbanyak sayuran.

Pelajari resep vegetarian

Ada jutaan blogger yang menulis resep-resep atau riview diet berbasis tanaman. Ini akan membantu Anda memilih belanjaan dan menemukan resep vegetarian lezat yang dapat mengalihkan Anda dari konsumsi daging dan tentunya memaksimalkan asupan nutrisi.

Cek menu vegetarian sebelum makan di luar

Di zaman sekarang ini, kita beruntung karena banyak restoran yang kini menyediakan menu ramah vegetarian. Jadi, daripada memilih hidangan steak, pilihlah makanan yang berbahan tanaman.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini