nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Serangan Epilepsi Muncul seperti Kesurupan

Erika Kurnia, Jurnalis · Rabu 23 Maret 2016 18:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 03 23 481 1344051 serangan-epilepsi-muncul-seperti-kesurupan-kmKq8WleR3.jpg Serangan epilepsi (Foto: Mamiverse)

KEJANG atau ayan adalah salah satu bentuk serangan epilepsi yang terbilang umum. Orang Dengan Epilepsi (ODE) juga kerap mengalami aura, yang muncul dengan halusinasi atau pikiran absen, sebelum serangan terjadi.

Dikatakan Ketua Yayasan Epilepsi Indonesia (YEI), dr Irawati Hawari, SpS, ODE yang sering mengalami serangan kejang fokal atau kejang parsial, biasanya bisa merasakan tanda-tanda sebelum serangan terjadi yang disebut ‘aura’. Sayangnya, oleh orang awam, ini sering dianggap tanda-tanda kesurupan.

"’Aura’ atau serangan epilepsi sering dikira kesurupan. Tergantung di mana kerusakan otaknya, ODE bisa tiba-tiba berhalusinasi mendengar suara atau bayangan aneh, menjadi ketakutan, bengong, lalu mengalami kejang," kata dr Irawati, dalam seminar media di Hotel Le Meridien, Jakarta, Rabu (23/3/2016).

Namun, beberapa ODE yang mengalami serangan epilepsi fokal sederhana bisa tetap sadar. Misalnya, serangan kejang motorik bisa membuat ODE kehilangan kemampuan menggenggam atau hilang keseimbangan. Serangan somatik juga bisa terjadi dan muncul dalam bentuk mual atau nyeri di ulu hati.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini