Ciuman Tidak Menularkan Penyakit TB

Erika Kurnia, Jurnalis · Kamis 24 Maret 2016 14:30 WIB
https: img.okezone.com content 2016 03 24 481 1344800 ciuman-tidak-menularkan-penyakit-tb-jci7gUE9UG.jpg Ciuman tidak menularkan tuberkulosis (Foto:Kissing)

TUBERCULOSIS atau TB adalah penyakit infeksi yang menular melalui udara. Namun, TB tidak mudah menular melalui udara pernapasan. Lalu bagaimana dengan kegiatan berciuman? Apakah ini bisa menularkan kuman TB?

Profesor Tjandra Yoga Aditama SpP(K), Ahli Paru sekaligus anggota WHO SEARO, mengatakan bahwa kuman TB yang senang bersarang di jaringan dalam paru-paru hanya dapat keluar melalui kegiatan bersin atau batuk. Sementara, air liur yang didapat saat berciuman tidak akan membawa kuman tersebut.

"Ciuman saja tidak menularkan. Kecuali, ciumanmya disertai atau bersamaan dengan batuk atau bersin di depan orang lain yang sehat," ujar Prof Tjandra, dalam seminar Hari TB Sedunia, di Rumah Sakit Umum Paru (RSUP) Persahabatan, Jakarta Timur, Kamis (24/3/2016).

Namun demikian, pasien TB sebaiknya menghindari kontak dekat dengan orang sehat dan menggunakan masker. Begitu juga dengan orang sehat terhadap pasien TB, yang juga harus menjaga kebersihan dan kekebalan tubuh untuk menghindari masuknya kuman dan munculnya infeksi TB.

"Perlu diketahui, sepertiga orang mendapat kuman TB dari lingkungan mereka. Kemudian, 10 persennya akan menjadi sakit. Ini akan lebih mudah pada orang yang terkena HIV, punya kebiasaan merokok, malnutrisi, dan punya penyakit seperti diabetes," tambahnya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini