Imunisasi BCG Cegah Penularan Tuberkulosis

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 24 Maret 2016 18:05 WIB
https: img.okezone.com content 2016 03 24 481 1344994 imunisasi-bcg-cegah-penularan-tuberkulosis-oXcx39psAm.jpg Imunisasi pada anak (Foto:Childencyclopedia)

IMUNISASI dasar adalah salah satu cara untuk mencegah tuberkulosis pada anak-anak dan orang dewasa. Salah satunya yaitu dengan pemberian vaksin Bacillus Calmette Guerin (BCG).

Hal ini dikatakan oleh Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Pengendalian Lingkungan (P2PL) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dr HM Subuh, MPPM.

"BCG yaitu imunisasi dasar untuk mencegah tuberkulosis. Maka kita informasikan pada keluarga agar mau memberikan anaknya imunisasi dasar sejak usia bayi," katanya saat ditemui di Kantor Kementerian Kesehatan RI, kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, kemarin.

Selain imunisasi dasar, tambah dia, setiap orang wajib menjaga kesehatan tubuh dengan menjalankan pola hidup sehat. Terpenting, menjaga kebersihan lingkungan agar jauh dari kuman yang dikhawatirkan memicu tuberkulosis.

Karena munculnya kuman tersebut, tambah dia, juga disebabkan oleh multifaktor. Seperti kebersihan sanitasi, lingkungan, perumahan, hingga faktor daya tahan tubuh seseorang.

"Faktor lain cukup banyak, selain disuntik BCG kita harus jaga hidup bersih dan sehat untuk menjaga kesehatan tubuh," tukasnya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini