nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Epilepsi Tidak Menurunkan Kecerdasan

Erika Kurnia, Jurnalis · Kamis 24 Maret 2016 19:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 03 24 481 1345088 epilepsi-tidak-menurunkan-kecerdasan-8dMnlCFUmP.png Epilepsi tidak menurunkan kecerdasan (Foto:Techsrcatched)

EPILEPSI adalah salah satu bentuk gangguan otak yang membuat penderitanya mengalami serangan sesaat yang mempengaruhi tingkah laku dan kesadaran. Meski menyerang otak, gangguan ini sama sekali tidak mempengaruhi tingkat kecerdasan.

Retardasi mental atau tingkat kecerdasan rendah adalah diantara beberapa mitos tentang orang dengan epilepsi (ODE). Namun faktanya, epilepsi tidak menghambat ODE untuk berprestasi dan mengembangkan diri, kata dr Irawati Hawari, SpS, Ketua Yayasan Epilepsi Indonesia (YEI).

"Penyakit epilepsi tidak berhubungan dengan IQ. Bahkan sebagian besar ODE mempunyai IQ rata-rata juga di atas rata-rata. Mereka mampu demikian kalau bisa belajar mengenal potensi yang ada pada diri mereka," jelasnya dalam seminar media untuk memperingati Hari Epilepsi Sedunia, di Jakarta, belum lama ini.

Untuk bisa hidup normal dan mengembangkan potensi diri, ODE harus bisa menangani epilepsi dengan mendapatkan pengobatan dini dan disiplin menjalani pengobatan. Selain itu, seperti ditambahkan praktisi psikologi sekaligus ODE, Aska Primadi, dukungan psikologis ODE dan lingkungan sosial mereka juga sangat berperan.

"Kalau ODE mendapat pertolongan medis lebih dini dan mampu belajar mengontrol serangan epilepsi, kerusakan sel yang sebabkan penurunan kemampuan otak akan dapat dicegah. Selain itu, bila ODE dapat mengatasi ketidakpercayaan diri, ketakutan, dan depresi sehingga tidak hanya fokus pada penyakit, ODE akan mampu mengembangkan dirinya," tambahnya.

Hal tersebut pun telah dibuktikan Azharianto Latief Baroto, meski sudah puluhan tahun mengalami serangan epilepsi, kondisinya tidak menghalangi bapak satu anak tersebut untuk berprestasi dalam karir di Kementerian Keuangan dan pendidikan hingga bisa meraih gelar master di bidang Ekonomi Manajemen.

"Epilepsi bukan hambatan untuk ODE. Dengan menghilangkan rasa takut, rasa malu, rasa tidak mampu, rasa terbelakang, dengan cara tetap menerima, sabar, dan tetap rutin mengonsumsi obat epilepsi, ODE tetap bisa melatih kemampuan dan berani maju terus untuk mencapai kesuksesan," tegasnya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini