nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Awas, Minuman Rumput Fatimah Ancam Nyawa Janin

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 25 Maret 2016 16:33 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 03 25 481 1345608 awas-minuman-rumput-fatimah-ancam-nyawa-janin-RlpYC6xpPZ.jpg Rumput fatimah (Foto:Fazlina)

WANITA hamil yang tinggal di beberapa daerah Indonesia masih banyak yang mengonsumsi minuman dengan campuran rumput fatimah. Tak ada yang menyadari, tanaman tersebut dapat membahayakan janin, apalagi di saat kehamilan trimester ketiga.

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi Dr dr Budi Iman Santoso SpOG(K) menjelaskan, rumput fatimah mengandung oksitosika. Zat ini memicu kontraksi rahim yang jelas mengganggu kehidupan janin.

"Aliran darah kalau sedang kontraksi bisa berkurang atau berhenti. Kalau ibunya mulas saat kontraksi, denyut jantung bayi menurun. Kalau terus-terusan bisa mematikan janin," ujar dr Budi saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

Lebih lanjut, tambah dia, rumput fatimah jangan lagi dikonsumsi karena membahayakan janin. Sayangnya, di Indonesia masih banyak wanita hamil yang mengabaikan, hingga dirinya 'membunuh' bayinya begitu saja.

"Ada yang bilang kalau minumnya dosisnya sedikit masih aman. Tapi tetap saja, dosis gak bisa ditentukan karena rumput fatimah berbahaya," tegas dokter yang praktik di RSIA YPK Mandiri Menteng ini.

Dengan begitu, dalam kondisi apapun, rumput fatimah jangan lagi dikonsumsi di saat hamil. Diam-diam, tanaman tersebut mengancam nyawa janin di dalam kandungan Anda yang tentu menyakitkan.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini