Merebus Buntut Tak Boleh Sembarangan, Ini Langkahnya

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Rabu 30 Maret 2016 18:05 WIB
https: img.okezone.com content 2016 03 30 298 1349453 merebus-buntut-tak-boleh-sembarangan-ini-langkahnya-NaNJvQBMuf.jpg Merebus buntut sapi (Foto:Revivedkitchen)

SETIAP bahan makanan punya cara sendiri untuk ditangani. Beberapa diantaranya bahkan harus diperlakukan dengan trik tersendiri. Jika salah maka jangan salahkan jika masakan terasa kurang sedap.

Seperti salah satunya saat mengolah buntut sapi. Salah satu bagian sapi yang jadi favorit ini harus direbus terlebih dulu sebelum diolah lebih lanjut. Merebusnya pun perlu trik khusus.

Chef Yulianto atau yang akrab disapa Chef Yoel mengatakan buntut sapi harus dimasukkan dalam air saat air sudah mendidih. "Tunggu airnya mendidih baru masukkan buntutnya. Rebus sampai buntut empuk dan matang baru angkat" kata Chef Yoel.

Setelah direbus ternyata masih ada langkah yang harus dilakukan lagi. Air rebusan buntut harus dibuang dan buntut yang sudah matang harus dicuci kembali.

"Buntut yang sudah matang harus dicuci lagi kalau nggak nanti sisa baunya masih ada," lanjut executive chef di sebuah hotel berbintang di Jakarta ini.

Setelah dicuci baru buntut bisa diolah menjadi berbagai macam olahan misalnya untuk dibuat sop buntut, buntut bakar, buntut goreng dan lain sebagainya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini