Kiat Goreng Buntut Sapi agar Krispi

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Rabu 30 Maret 2016 18:55 WIB
https: img.okezone.com content 2016 03 30 298 1349587 kiat-goreng-buntut-sapi-agar-krispi-DqINoMoUKw.jpg Buntut goreng (Foto:Flickr)

SELAIN dibuat sup, buntut sapi juga enak dimasak dengan berbagai teknik pengolahan seperti digoreng misalnya. Untuk menggoreng buntut sapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Daging pada buntut sapi punya tekstur yang empuk sehingga butuh penanganan khusus saat digoreng agar dagingnya tidak lepas dari tulang dan hancur. Chef Yulianto atau akrab disapa Chef Yoel mengatakan buntut goreng harus diolah secara perlahan.

"Buntut sebelum digoreng kan sudah matang direbus jadi sudah empuk. Proses gorengnya cuma membuat tekstur jadi krispi dan warnanya kecoklatan," kata Chef Yoel saat ditemui di Jakarta.

Pria yang menjabat executive chef ini lanjut menjelaskan, buntut hanya perlu digoreng selama kurang lebih satu menit dengan minyak yang panas.

"Sebelum digoreng, minyaknya harus sudah panas dulu baru bisa masukkan buntutnya. Goreng pakai minyak yang banyak tapi jangan sampai terendam. Prosesnya harus cepat," imbuh Chef Yoel.

Jika mengikuti langkah ini, buntut goreng yang dihasilkan akan memiliki tekstur krispi pada bagian permukaannya namun masih empuk dan lembut dibagian dalamnya. Selain itu buntut juga tidak terlalu berminyak.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini