nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penyakit Kulit Psoriasis Bisa Picu Disfungsi Ereksi

Erika Kurnia, Jurnalis · Kamis 31 Maret 2016 05:12 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 03 30 481 1349556 penyakit-kulit-psoriasis-bisa-picu-disfungsi-ereksi-01YDXvOkKl.jpg Penyakit kulit bisa picu disfungsi ereksi (Foto: Shutterstock)

PRIA memiliki masalah kulit psoriasis ditemukan lebih rentan alami disfungsi ereksi daripada yang tidak. Kok bisa?

Ini akan lebih buruk bila seorang pria juga memiliki faktor risiko lain seperti diabetes atau tekanan darah tinggi, kata sebuah studi Tiongkok.

Studi terbaru dari Guangdong Provincial Dermatology Hospital, Guangzhou, yang diketuai dr Suyun Ji mengamati fungsi seksual 191 pasien dengan psoriasis dan yang tidak mengalami psoriasis. Sebanyak 53 persen pria dengan psoriasis mengalami disfungsi ereksi sedangkan pada kelompok yang sehat hanya 40 persen.

"Selain itu, pasien psoriasis lebih banyak melaporkan tingkat disfungsi ereksi yang cukup parah sedangkan orang yang tidak memiliki masalah psoriasis tidak mengeluhkan disfungsi ereksi yang parah," tutur dr Ji dilansir Reuters, Kamis (31/3/2016).

Disfungsi ereksi parah ditemukan dialami 6 persen pria dengan psoriasis, sedangkan pada pria tanpa psoriasis hanya sekitar 2 persen orang yang alami disfungsi ereksi parah.

Selain disfungsi ereksi, pria dengan psoriasis harus menjaga kondisinya seperti kadar gula darah, tekanan darah, kadar kolesterol, dan kadar lemak darah untuk mengontrol disfungsi ereksi yang dialami.

Dr Ji berpendapat temuan ini bisa merekomendasikan pria dengan psoriasis untuk melakukan skrining rutin terkait disfungsi ereksi juga penyakit kardiovaskular lainnya.

"Seringkali orang dengan psoriasis mengalami obesitas dan memiliki faktor risiko lain terkena penyakit kardiovaskular. Psoriasis yang terjadi pada Mr P juga bisa membuat pria tidak nyaman bercinta dan tidak percaya diri dengan penampilannya sehingga fungsi seksual mereka terganggu," kata dr Alejandro Molina-Leyva, dokter kulit di Complejo Hospitalario Torrecardenas, Almeria, Spanyol yang tidak terlibat dalam studi.

Sementara, dokter kulit di England NHS Foundation Trust, Birmingham menuturkan setiap orang yang mengalami disfungsi ereksi, terlapas dari ia mengalami psoriasis atau tidak, tetap harus periksa ke dokter. Apalagi, kini banyak terapi yang bisa dilakukan guna mengatasi disfungsi ereksi sehingga problem pria di ranjang bisa dihindari.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini