nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wanita Hamil Seruput Kopi 2 Cangkir Sehari Ancam Keguguran?

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 30 Maret 2016 20:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 03 30 481 1349640 wanita-hamil-seruput-kopi-2-cangkir-sehari-ancam-keguguran-an2j9GaXHe.jpg Bahaya ibu hamil minum kopi (Foto: Boldsky)

ZAT kafein yang ada di dalam kopi dan teh menjadi ancaman bagi wanita hamil. Bahkan, digadang-gadang zat tersebut dapat memicu keguguran jika dikonsumsi terlalu berlebihan. Benarkah?

Untuk menjawab keraguan, para peneliti mengadakan sebuah studi khusus yang menilai bahaya kafein bagi wanita hamil muda. Studi ini melibatkan lebih dari 300 pasangan yang menjadi responden.

Dalam studinya, peneliti pun menilai berbagai faktor yang memengaruhi kondisi kehamilan, seperti penggunaan nikotin, konsumsi kafein dan juga penggunaan multivitamin dari tahap konsepsi sampai fase kehamilan.

Ternyata, wanita hamil yang minum lebih dari 2 cangkir kopi sehari pada 7 minggu usia kehamilan dapat meningkatkan risiko keguguran. Apalagi risiko ini lebih tinggi dialami oleh wanita di atas usia 35 tahun.

Bahkan, uniknya penelitian ini juga mengklaim bahwa pria yang mengonsumsi kopi berlebihan juga memicu sang istri keguguran saat sedang hamil muda.

Tapi di sisi lain, risiko ini dapat dicegah dengan rutin mengonsumsi multivitamin sesuai dosisnya. Cara ini diklaim dapat meminimalkan risiko keguguran sekira 50 persen. Demikian dikutip Boldsky, Rabu (30/3/2016).

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini