Rahasia Kuah Sop Buntut Segar & Gurih

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Kamis 31 Maret 2016 13:15 WIB
https: img.okezone.com content 2016 03 31 298 1350149 rahasia-kuah-sop-buntut-segar-gurih-NYtWIMfytS.jpg Sup buntut (Foto:Dishamps)

DALAM seporsi sop buntut, yang menentukan enak atau tidaknya adalah daging buntutnya dan juga kuah kaldunya. Kuah yang gurih bisa dihasilkan dari campuran bumbu yang pas.

Chef Yoel mengatakan berbagai bahan campuran pada kuah sop buntut menentukan rasanya. “Rasa kuahnya sop buntut tergantung bahan dan bumbu yang digunakan. Kalau bumbunya banyak dan pas bisa jadi kuah yang gurih dan lezat,” kata pria yang menjabat executive chef ini kepada Okezone.

Chef Yoel juga membeberkan rahasia campuran yang digunakan agar kuah sop iga terasa gurih. “Bumbunya jahe, pala, cengkeh, sereh, bawang bombai, wortel, lada hitam dan garam. Ini bumbu wajib pada kuah sop buntut,” terang chef ramah ini.

Selain bumbu, tulang yang digunakan sebagai base atau dasar pembuatan kaldu juga memengaruhi rasanya. Bagian tulang sapi yang banyak dijadikan untuk kaldu adalah bagian kaki karena mengandung sum-sum juga yang menambah gurihnya kuah sup.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini