nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wanita Minus Tinggi Dilarang Melahirkan Normal, Kenapa?

Erika Kurnia, Jurnalis · Kamis 31 Maret 2016 10:21 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 03 31 481 1350021 wanita-minus-tinggi-dilarang-melahirkan-normal-kenapa-rGP9BqI0Lb.jpg Wanita minus tinggi dilarang melahirkan normal (Foto: Shutterstock)

APAKAH Anda punya gangguan refraksi minus tinggi? Contohnya, minus lima diopter atau lebih. Bukan bermaksud menakut-nakuti, menurut ahli mata, kondisi ini bisa membuat Anda tidak disarankan untuk melahirkan normal.

Dikatakan ahli bedah katarak dan refraksi, Dr Setyo Budi Riyanto, SpM(K), wanita yang memiliki gangguan myopia yang cukup besar, memiliki diameter bola mata yang lebih besar daripada wanita dengan myopia lebih rendah atau normal.

“Pada orang dengan minus tinggi, diameter bola mata akan lebih besar. Dengan diameter mata yang lebih besar, ada kemungkinan layar cahaya mata atau retina menipis. Kondisi ini akan membuat retina mudah robek ketika melahirkan normal karena adanya proses mengejan,” jelasnya, saat ditemui di Jakarta, belum lama ini.

Oleh karena itu, wanita dengan minus tinggi dan ingin melahirkan normal, nantinya harus melakukan pemeriksaan retina. Bagaimana dengan mengurangi minus dengan prosedur lasik? Menurut Dr Setyo, cara tersebut tidak akan mengurangi risiko retina robek bila penipisan retina adalah masalahnya.

“Pemeriksaan mata untuk mengetahui apa ada penipisan retina atau tidak harus dilakukan. Bila memang ada, retina bisa diperbaiki dengan prosedur yang namanya Argonleser atau hamil secara sesar solusinya. Mengurangi mata minus saja, dengan dilasik misalnya, tidak akan mempengaruhi anatomi matanya,” jelasnya.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini