nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Alasan Aneh Laki-Laki Suka Meludah

Erika Kurnia, Jurnalis · Kamis 31 Maret 2016 17:11 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 03 31 481 1350524 alasan-aneh-laki-laki-suka-meludah-eTIVNhq6J5.jpg Laki-laki suka meludah (Foto: Shutterstock)

BANYAK hal menjijikan yang bisa Anda temui di jalan selain sampah, sebut saja kotoran hewan atau cairan putih berbusa yang kita sebut ludah. Siapa pun memang bisa meludah sembarangan, tidak peduli laki-laki atau perempuan, dan biasanya ini karena faktor kebiasaan hidup bersih.

Tapi, kita mungkin menyadari bahwa laki-laki cenderung lebih mudah meludah sembarangan daripada perempuan murni karena kebiasaan, kata ahli gigi Susan Maples, penulis of Blabber Mouth: 77 Secrets Only Your Mouth Can Tell You to Live a Healthier, Happier, Sexier Life.

Berbicara mengenai faktor evolusi atau biologis, memang tidak ada yang membuktikan bahwa laki-laki memproduksi lebih banyak daripada perempuan atau mulut mereka terasa lebih masam, sehingga lebih sering meludah.

"Hal ini murni karena kebiasaan. Beberapa pria sering meludah karena mereka menganggap itu cukup keren. Kebiasaan lain terbentuk karena dulu laki-laki suka mengunyah tembakau," kata Maples, seperti dilansir dari Womenshealthmag, Kamis (31/3/2016).

Namun, menurutnya, produksi saliva atau air liur adalah sesuatu yang menyehatkan. Kebanyakan dari kita memproduksi satu sampai dua liter air liur per hari. Ini dibutuhkan untuk melumasi dan mencerna makanan. Selain itu juga melawan bakteri yang menyebabkan bau mulut dan gigi berlubang.

Kelenjar air liur akan bekerja lebih ketika Anda makan makanan pedas atau mengalami asam lambung naik. Beberapa penyakit, seperti Parkinson atau cerebral palsy, juga bisa menyebabkan produksi liur berlebih.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini