nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Penyakit yang Sebenarnya Tidak Ada

Erika Kurnia, Jurnalis · Kamis 31 Maret 2016 17:23 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 03 31 481 1350547 3-penyakit-yang-sebenarnya-tidak-ada-ihpv8Iy97i.jpg Alami sakit lambung (Foto: Shutterstock)

DARI sekian banyak penyakit yang Anda ketahui, banyak di antaranya yang ternyata salah persepsi atau tidak benar adanya. Contohnya, masuk angin yang umumnya disebabkan kekembungan. Ini terjadi karena banyak faktor dan bukan karena Anda menelan banyak angin.

Lalu, apa lagi istilah atau nama penyakit yang selama ini kita salah tangkap? Berikut beberapa di antaranya, seperti dilansir dari Menshealth, Kamis (31/3/2016).

-Flu lambung

Pernah dengar istilah ini? Definisi flu sendiri merujuk pada virus tertentu (influenza) yang utamanya menyerang sistem pernapasan. Influenza menyebabkan demam lebih dari 37 derajat dan sakit tenggorokan. Kondisi ini jarang menyebabkan diare dan sakit perut. Bila demikian, kemungkinannya adalah gastroenteritis, yang umumnya disebabkan berbagai bakteri sepert E coli atau parasit.

-Alergi gluten

Anda mungkin pernah menemukan produk bebas gluten dalam produk makanan tepung. Gluten adalah protein gandum yang sebenarnya tidak sering memicu alergi. Namun bila Anda mengeluhkan perut kembung, nyeri, atau kram perut ketika makan sesuatu yang mengandung gluten, itu bisa jadi hanya karena sensitivitas ringan.

-Kehilangan akal

Ketika sedang panik, kita bisa merasa seolah-olah kehilangan akal atau gila. Kepercayaan ini sebenarnya bukan karena masalah fisik. Mereka yang sampai harus dirawat dan menemui psikiatri punya kemungkinan mereka telah alami masalah mental yang cukup buruk, entah itu depresi, bipolar, atau skrizofrenia.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini