nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wanita Ternyata Lebih Sering BAB daripada Pria

Erika Kurnia, Jurnalis · Kamis 31 Maret 2016 17:38 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 03 31 481 1350573 wanita-ternyata-lebih-sering-bab-daripada-pria-3NTOXmwZnX.jpg Wanita lebih sering alami BAB (Foto: Shutterstock)

SIAPAKAH yang sering alami masalah buang air besar? Wanita atau laki-laki? Sebuah studi dari platform pengguna perawatan kesehatan Amino menemukan bahwa wanita 1,6 kali lebih cenderung alami masalah dalam buang air besar daripada pria. Bagaimana bisa?

Setelah menganalisis data dari database mereka mengenai diagnosa masalah pencernaan, antara Januari 2014 sampai Desember 2015, wanita cenderung alami sampai tujuh masalah pencernaan daripada pria. Apa saja itu?

Berikut daftar dan penjelasannya, seperti dilansir dari Womenshealthmag, Kamis (31/3/2016).

-Gastroesophageal Reflux Disease (GERD)

Penyakit yang dikenal asam refluks atau asam lambung naik ini mempengaruhi 60 persen wanita dalam studi tersebut. Makanan berlemak dan asam seperti kopi bisa menyebabkan gejala GERD, seperti mual dan nyeri di tulang dada.

Jika Anda merasakan kondisi tersebut terlalu sering, coba batasi atau sama sekali menghentikan makanan pemicu seperti itu. Selain itu, coba minum obat maag, makan lebih sedikit namun lebih sering agar maag terkontrol.

-Radang usus

Sejenis radang usus yang disebut Ulcerative Colitis ditemukan dialami 54 persen wanita dalam survei. Ini terjadi karena bakteri dalam usus menyebabkan sistem imun menyerang usus. Ini digejalai dengan diare berdarah, kram perut, keinginan BAB yang tak tertahankan, sampai luka di usus yang memicu kanker.

Tidak ada cara yang diketahui untuk mencegah kondisi tersebut. Tapi ketika Anda sudah terdiagnosa, hindari susu dan makanan pedas agar gejala dapat dikurangi.

-Irritable Bowel Syndrome (IBS)

Ini adalah salah satu jenis gangguan kronis yang menyerang usus besar dan bisa jadi akan hilang timbul selama bertahun-tahun atau bahkan seumur hidup. Kondisi yang menyerang usus besar ini termasuk penyakit yang umum terjadi. Bisa menyebabkan usus terlalu aktif atau sebaliknya yang sebabkan konstipasi.

Hampir 75 persen wanita dalam survei alami IBS atau tiga kali jumlahnya dari laki-laki. Kurangi makanan pemicu seperti makanan berlemak, produk susu, dapat menghindari gejala seperti perut kram, kembung, diare, dan konstipasi.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini