nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Deodoran Sebabkan Ketiak Teriritasi, Kenapa?

Erika Kurnia, Jurnalis · Kamis 31 Maret 2016 17:46 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 03 31 481 1350584 deodoran-sebabkan-ketiak-teriritasi-kenapa-TBkk7Mun1L.jpg Deodoran bisa sebabkan ketiak teriritasi (Foto: Shutterstock)

APAKAH Anda pernah merasa tidak cocok dengan deodoran tertentu? Bukan hanya efek gatal, tapi bercak merah yang terasa panas dan meninggalkan bekas pasti sangat mengganggu. Lalu, apa kemungkinan yang sebenarnya terjadi pada kulit Anda?

Dilansir dari Menshealth, Kamis (31/3/2016), dermatologis atau ahli kulit Justin Ko, MD, kepala dermatologi medik di Stanford Health Care, mengatakan bahwa reaksi semacam itu bisa jadi dermatitis karena alergi atau bahan iritan. Deodoran atau antiperspirants apa pun bisa memicu reaksi tersebut.

Pewangi yang digunakan dalam deodoran dan senyawa berbahan dasar aluminum dalam antiperspirants bisa mengiritasi kulit ketiak. Plus, kulit ketiak yang tipis dan sensitif sangat rentan dengan reaksi kimiawi seperti itu, kata ahli.

Jadi jika Anda melihat ada ruam di ketiak Anda, hentikan penggunaan deodoran, meskipun itu sudah lama digunakan. Perlu diketahui, sensitivitas kulit ketiak dapat berkembang setelah bertahun-tahun menggunakan produk yang sama tanpa masalah.

Jika ruam yang panas dan gatal tersebut berlangsung lama, buat janji dengan dokter kulit untuk mengetahui apakah itu terjadi karena alergi. Selanjutnya, belilah deodoran yang tidak menggunakan pewangi atau yang dibuat khusus untuk kulit sensitif.

Tes deodoran baru yang Anda pilih dengan menggunakannya di bagian dalam lengan bawah, lalu tutupi dengan perban selama tiga hari. Jika tidak mengalami ruam, lanjutkan penggunaan untuk ketiak Anda.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini