nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kemenkes Janji Penuhi Kuota Dokter di Pulau Perbatasan

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 31 Maret 2016 17:56 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 03 31 481 1350596 kemenkes-janji-penuhi-kuota-dokter-di-pulau-perbatasan-G7zlp0li08.jpg Kemenkes janji penuhi kuota dokter di pulau perbatasan (Foto: Shutterstock)

SELAIN menguatkan fasilitas layanan kesehatan primer, Kementerian Kesehatan RI berjanji akan menambah jumlah tenaga kesehatan yang masih mengalami kekurangan. Untuk lokasi pemenuhan, pemerintah mengincar pulau terpencil dan wilayah yang berbatasan dengan negara tetangga.

Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan drg Usman Sumantri, MSc mengatakan, ada tiga hal yang paling penting dipersiapkan untuk memenuhi sarana dan prasarana sebagai akreditasi puskesmas. Salah satunya yaitu ketersediaan tenaga kesehatan yang membantu masyarakat dalam melakukan preventif dan promotif terhadap penyakit.

"Kalau lihat tenaga kesehatan kita masih kurang. Terutama untuk provinsi yang mengalami ini kita mapping semua. Apalagi di pulau terpencil dan daerah yang berbatasan dengan negara lain," tuturnya saat press conference Rakerkesnas Kementerian Kesehatan RI 2016 di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis (31/3/2016.

Untuk masalah pemenuhan kebutuhan dokter, Usman mengaku masih mengalami kesulitan. Karenanya, kewenangan penambahan jumlah tenaga kesehatan jatuh kepada pemerintah kabupaten/kota yang bersangkutan.

"Pemerintah pusat akan intervensi dokter di kepulauan terpencil dan daerah perbatasan. Tapi kewenangan ada di kabupaten/kota yang ada di provinsi tersebut," imbuhnya.

Begitu juga yang terjadi dengan masalah uji kompetensi pengetahuan sang tenaga medis. Pemerintah harus benar-benar menyaring kesiapan mental dan fisik calon dokter yang akan bertugas.

"Untuk masalah kompetensi semua tenaga kesehatan harus secara terukur. Kita akan benar-benar persiapkan kapasitas kompetensinya," tutupnya.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini