nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Tips Nyaman di Usia Kehamilan 8 Bulan

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 01 April 2016 16:54 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 04 01 481 1351517 4-tips-nyaman-di-usia-kehamilan-8-bulan-xFwyaLUVMN.jpg Jaga kesehatan saat hamil (Foto: Shutterstock)

MOMS, saat menjelang persalinan tiba, mungkin Anda kerap mengeluhkan kontraksi perut yang begitu sakit. Agar tetap nyaman, lakukan tips berikut ini agar tetap nyaman dan bahagia.

Makan gizi seimbang

Untuk mengatasi kontraksi, Anda harus selalu menyediakan makanan dengan nutrisi seimbang di dapur, seperti protein, zat besi dan kalsium. Makanan yang mengandung unsur nutrisi itu akan membantu janin Anda tetap sehat dalam rahim, juga mendukung tumbuh kembangnya hingga ia lahir.

Perbanyak asupan asam folat

Beragam jenis makanan asam folat seperti kacang-kacangan, jeruk dan sayuran hijau, Anda juga harus mengonsumsi pil asam folat sesuai reep dokter. Suplemen ini sangat diperlukan agar janin tidak lahir dengan kondisi cacat atau berat badan lahir rendah.

Perhatikan berat badan

Selama hamil tua, wanita harus tetap menjaga berat badan yang sehat. Hindari risiko obesitas yang nantinya memicu banyak masalah penyakit, seperti hipertensi dan diabetes. Karenanya masalah ini akan membawa petaka bagi janin dalam kandungan Anda, seperti lahir prematur atau sang ibu melahirkan dengan cara bedah caesar.

Periksa kehamilan secara rutin

Usia 30 minggu kehamilan membuat sang ibu waspada dan benar-benar menjaga kondisi kesehatan janin. Anda pun wajib melakukan pemeriksaan ke dokter agar proses persalinan lancar. Kalaupun ada masalah, masih ada kesempatan untuk menyehatkan kondisi janin dalam kandungan Anda, sampai ia lahir. Demikian dilansir Boldsky, Jumat (1/4/2016).

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini