nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sering Makan Gorengan Picu Serangan Jantung?

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 01 April 2016 17:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 04 01 481 1351574 sering-makan-gorengan-picu-serangan-jantung-SL8jk5V0GU.jpg Kena serangan jantung (Foto: Shutterstock)

MAKANAN yang mengandung tinggi lemak jenuh dan kolesterol sering dikaitkan dengan risiko penyakit jantung. Contohnya, gorengan. Tapi mungkin sebagian dari Anda belum tahu penyebab hal ini dapat terjadi.

Dokter Spesialis Jantung Dr Antono Sutandar SpJP dari Siloam Hospital Kebon Jeruk mengatakan, pembuluh darah di sekitar jantung akan mudah tersumbat jika terdapat banyak tumpukan lemak. Inilah yang harus dihindari setiap orang agar tak berujung menyakitkan.

"Gorengan adalah makanan yang menyebabkan reaksi inflamasi, sehingga membuat pembuluh darah rapuh dan gampang terjadi perdarahan yang menyebabkan jantung retak," tuturnya saat ditemui di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Akibatnya, tambah dia, lemak yang bersarang di rongga jantung dapat menyempitkan ruang. Maka muncul wujud gumpalan darah yang menyumbat.

"Kalau terjadi penyempitan darah di bawah 70 persen, kemungkinan pertama orang bisa kena serangan jantung. Makanya kita harus menghindari faktor risiko, terutama dari makanan," tukasnya.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini