3 Tanda Udang Masih Segar

Dinno Baskoro, Jurnalis · Rabu 06 April 2016 07:30 WIB
https: img.okezone.com content 2016 04 05 298 1354856 3-tanda-udang-masih-segar-yglE4RYaaB.jpg Ilustrasi udang asam manis (Foto:Cooking)

UDANG merupakan salah satu dari sekian banyak makanan laut yang digemari. Rasanya yang gurih dan manis membuat udang banyak disukai. Agar tidak keliru ketika memilih udang, kenali ciri-ciri udang yang segar dan berkualitas bagus.

Karena udang adalah hasil tangkapan laut, terkadang saat memilih udang tidaklah gampang. Karena lamanya perjalanan hingga sampai ke pasar, udang mudah menjadi kurang segar. Chef Fatahillah, seorang executive chef mengatakan untuk mengetahui apakah udang masih segar atau tidak bisa diketahui dari tiga hal.

Aroma

Yang paling penting adalah dari aromanya. "Udang yang segar itu aromanya tidak busuk. Dia akan mengeluarkan aroma seperti ikan segar," jelasnya kepada Okezone di Jakarta.

Lendir

Selain itu, udang segar seharusnya tidak memiliki lendir yang berlebihan. Jika Anda menemukan udang dengan lendir terlalu banyak, sebaiknya jangan dibeli. Pasalnya, dikhawatirkan udangnya sudah terlalu lama tidak disimpan dengan benar.

Warna hitam

Lalu ada satu cara lagi saat memilih udang segar. yaitu dari warnanya. Menurut Chef Fatah-sapaan akrabnya- udang rata-rata berwarna cenderung kehitaman. Jika udang berwarna memar atau kebiruan sebaiknya jangan dibeli.

"Bisa kelihatan kalau udangnya sudah berwarna kepucatan, itu menandakan udangnya sudah tidak segar. Karena udang biasanya warna kulitnya hitam dan tidak pucat," pungkasnya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini