Terungkap Alasan Orang China Suka Minum Air Panas

Dinno Baskoro, Jurnalis · Jum'at 08 April 2016 19:30 WIB
https: img.okezone.com content 2016 04 08 298 1357811 terungkap-alasan-orang-china-suka-minum-air-panas-1ZVLSmospV.jpg Air panas (Foto:Ukjournalism)

KONSUMSI minuman dingin adalah cara sempurna untuk melepas dahaga saat musim panas. Lain hal dengan masyarakat Tiongkok, justru rutin minum air panas meski cuaca tidak mendukung.

Jangan heran jika saat cuaca terik sekalipun, Anda melihat orang China menghirup air panas dari termos! Meski terlihat aneh, namun hal tersebut sudah menjadi tradisi masyarakatnya.

"Dalam keluarga besar saya, tidak ada yang berani untuk menuangkan bahkan air suhu ruangan. Air dingin akan memberi efek kram," ungkap wartawan Nicole Liu yang menulis untuk LA Times.

Ada kepercayaan China bahwa air panas punya sifat penyembuhan. Menurut Liu, kebiasaan minum air panas ini sudah dilakukan sejak 1949, ketika kualitas air keran memburuk di negara itu. Sehingga pemerintah menyerukan untuk konsumsi air matang agar bakteri pada air bisa hilang.

"Ada ruang perebusan air dan orang-orang selalu dikirimkan air panas ke rumahnya pada saat itu," ungkap Liu.

Mereka biasanya melakukan perebusan air pada pagi hari. Kemudian mereka terus mengatakan itu untuk kesehatan dan kebersihan masyarakatnya.

Begitu juga pada prinsip pengobatan China kuno, dimana air panas punya peranan penting di dalamnya. Perlu diketahui, konsumsi air hangat pada pagi hari sangat baik untuk pencernaan, meningkatkan sirkulasi darah dan detoksifikasi.

Sementara itu, banyak yang percaya bahwa air dingin dapat memperlambat fungsi organ dan kram otot. Begitu juga dengan makanan bersuhu panas yang biasa dikonsumsi.

Karena itu, sebagian restoran China tradisional selalu memberi pilihan minuman panas, atau minuman bersuhu ruang. Jarang ada yang menawarkan minuman dingin. Jika pun ada, pasti restoran tersebut sudah mengadopsi kultur yang lebih modern. Demikian seperti dilansir dari Odditycentral, Jumat (8/4/2016)

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini