Hebat, Wanita Ini Turun 50 Kg karena Latihan Plank

Erika Kurnia, Jurnalis · Senin 11 April 2016 05:02 WIB
https: img.okezone.com content 2016 04 10 481 1358928 hebat-wanita-ini-turun-50-kg-karena-latihan-plank-0V3uSRXkhx.jpg Latihan plank (Foto: Womenshealth)

MENURUNKAN berat badan sampai 50 kg dengan aktivitas harian yang sibuk dan selera makan yang tinggi memang tampak menyulitkan. Tapi ibu sibuk ini berhasil membuktikan bahwa ia mampu mengatasi masalah pertambahan berat badan, bahkan setelah melahirkan dua orang anak.

Mengaku sebagai perempuan yang ketergantungan dengan makan makanan Meksiko dan Mandarin, juga soda, Shawna Fearn mengalami kenaikan berat badan yang cukup signifikan dari 70an kg setelah hamil anak pertama dan kedua.

“Setelah anak kedua lahir, saya memulai pekerjaan baru sembari kuliah. Saya sering ngemil ketika mengerjakan tugas kuliah atau kapanpun saya stres. Saya juga menghabiskan 90 persen waktu saya untuk duduk,” tuturnya, seperti dikutip dari Womenshealthmag, Senin (11/4/2016).

Sejak saat itu ia mengaku mulai tidak nyaman dengan tubuhnya yang mulai membengkak dan kesulitan bernapas ketika tidur di tengah malam. Setelah itu ia mulai menemui dokter, apalagi setelah mengetahui ibunya didiagnosa dengan diabetes.

“Dokter mengatakan saya menderita pre-diabetes, kadar oksigen darah saya sangat rendah dan tekanan darah saya sangat tinggi. Kabar tersebut sangat mengena bagi saya,” lanjutnya.

Dari sana, ia mulai melakukan kontrol demi anak-anaknya. Temannya yang seorang trainer pun dipanggil untuk membantunya mengatur jadwal latihan dan rencana makan rutin. Trainer yang membantunya pun membuatkan rencana makan yang terdiri dari makanan kecil namun rutin dengan banyak sayuran hijau, protein, dan karbohidrat kompleks seperti ubi.

“Saya mulai menyiapkan makanan dua kali seminggu sehingga saya selalu memiliki makanan sehat untuk dibawa bekerja. Saya bahkan mulai makan sarapan, karena sebelumnya tidak pernah saya lakukan,” kata Shawna.

Untuk latihan, ia mencoba latihan untuk menguatkan batang tubuhnya dengan tantangan plank. Setiap hari sejak saat itu ia melakukan plank. Awalnya hanya bisa tahan 20 detik, tapi setelah setahun ia mampu plank sampai enam menit!

“Meskipun saya tidak pernah termotivasi untuk melakukan latihan kardio, saya sangat menikmati sesi latihan kekuatan dengan trainer saya tiga kali seminggu. Saya bahkan menjual treadmill saya dan membeli beberapa barbell untuk dipakai di rumah,” ceritanya.

Komitmen untuk mencapai transformasi yang diusahakan juga ia lakukan dengan memposting foto-foto tubuhnya selama dua tahun. Orang-orang pun mulai mengikutinya dan terinspirasi di samping terus memberi motivasi kepada Shawna untuk bisa menurunkan berat badan dan menjalani gaya hidup sehat sampai mencapai berat badan 58 kg dari 110 kg.

“Kualitas hidup saya meningkat drastis. Saya tidak lagi kesulitan ke kloset tiap kali pergi keluar. Saya bisa bersepeda dengan anak-anak, bahkan membantu ibu saya menurunkan berat badan sampai 30 kg,” pungkasnya.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini