nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Makanan Serba Keju yang Lezat Menggiurkan

Grivy.com, Jurnalis · Rabu 13 April 2016 16:19 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 04 13 298 1361895 5-makanan-serba-keju-yang-lezat-menggiurkan-jcuCZN2G5g.jpg Keju yang lezat (Foto: labadiane-hanoi)

KEJU adalah bahan makanan yang sudah ada di dunia ini sejak ratusan hingga bahkan ribuan tahun lamanya, dan merupakan bagian dari peradaban manusia. Produk dairy yang merupakan hasil dari perasan dadih susu ini terdiri dari beragam jenis mulai dari keju segar hingga keju yang telah diawetkan.

Keju terkenal dengan rasa gurih-asin yang memberikan sensasi unik di lidah bergantung pada bagaimana Anda mengkonsumsinya, menambahkannya pada hidangan lain atau menyantapnya langsung. Di dunia ini terdapat lebih dari 300 jenis keju, di antaranya American, Cheddar, Mozarella dan Colby, serta berbagai bentuk dari potongan keju berbentuk dadu, irisan hingga keju berbentuk stik. Sudah mulai tergiur dengan rasa gurih keju? Berikut ini 5 makanan dengan bahan baku keju yang bisa membuat lidah Anda meleleh!

Mac & Cheese(Foto: Chad A Elick)Makanan asal Inggris ini awalnya terkenal dengan nama Pasta and Cheese Casseroles pada abad ke-14 di buku masak Italia “Liber de Coquina”. Pada abad yang sama, menu Pasta and Cheese Casseroles ini juga ada di buku masak Inggris berjudul “Forme of Cury”. Mac & Cheese pada dasarnya mengempit pasta (makaroni) di antara lelehan keju dan mentega. Mac & Cheese mengalami peningkatan resep dari abad ke abad hingga tercantum resep yang menggabungkan 2 resep Mac & Cheese di mana makaroni yang dimasak tidak mengalami perubahan bentuk, lembut tapi tidak lumat, kemudian dilapisi keju, lada dan remah roti. Resep ini ditutup dengan lelehan mentega dan dipanggang hingga remah roti menjadi berwarna coklat.

PizzaSiapa yang tak kenal pizza? Meski kini pizza sudah mengalami beragam evolusi topping (taburan di atas) dan dough (adonan), namun keju dan pizza tidak dapat dipisahkan.Pizza ditemukan sekitar 600 tahun Sebelum Masehi, di Napoli, dan merupakan makanan penduduk miskin di sekitar pantai. Awalnya pizza menggunakan flatbread yang diberikan beragam topping yang dibuat sendiri di rumah atau dijual di pinggir jalan. Pizza dulu diberi topping seperti tomat, keju, minyak, ikan teri dan bawang putih. Hingga akhirnya sekarang berevolusi dengan beragam varian topping mulai dari topping gurih hingga yang manis.

HamburgerBanyak klaim tentang asal usul hamburger. Pada 1884, muncul referensi tentang “Hamburg Steak” dari Boston Journal. Pada 1896, Chicago Daily Tribune membuat klaim yang spesifik mengenai “hamburger sandwich” dalam sebuah artikel tentang “Sandwich Car”. Sementara menurut Rosa DeLauro seorang anggota kongres, hamburger adalah patty daging giling di antara dua iris roti yang diciptakan pertama kali di 1900 oleh Louis Lassen seorang imigran Denmark pemilih Louis’ Lunch di Connecticut. Darimana pun asalnya, hamburger sejak dulu merupakan sandwich yang terdiri dari patty daging yang diapit roti, kemudian diberikan beragam tambahan bahan seperti selada, bacon, tomat, acar, berbagai saus seperti mustard, mayonnaise, saus tomat dan tentunya, keju.

KaasstangelsKue kering yang sering hadir di setiap perayaan di Indonesia ini terkenal juga dengan sebutan kue keju dan merupakan hasil perpaduan kebudayaan Belanda dan Indonesia. Tidak seperti kue kering kebanyakan yang memiliki rasa manis, kue keju berbentuk batangan ini memiliki rasa gurih dan asin yang membuat ketagihan.

WineKalau menyebut food pairing yang terkenal, langsung terbersit di benak Anda “Wine & Cheese”. Keju dan anggur memang padanan sempurna yang sudah dikenal berabad-abad lamanya. Namun mengapa keju dan wine sangat cocok satu sama lain? Banyak food pairing memadukan makanan yang mengandung astringent yang menyebabkan mulut terasa kering dengan makanan berlemak yang membuat mulut terasa licin. Rasa dan tekstur berlawanan yang dihasilkan masing-masing bahan ini menyebabkan keseimbangan di mulut. Inilah juga yang terjadi dengan perpaduan keju dan anggur.

1
6

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini